Do’a Sebelum Belajar dan Sesudahnya

Seorang muslim wajib hukumnya untuk selalu menuntut ilmu, baik itu ilmu untuk keperluan dunianya maupun untuk keperluan akhiratnya. Adapun menuntut ilmu sendiri ada yang hukumnya fardhu kifayah dan ada yang hukumnya fardhu ‘ain. Untuk perinciannya mungkin bukan di sini tempatnya yang tepat, akan tetapi pada intinya belajar adalah hal yang penting dan harus selalu dilakukan oleh setiap muslim dan muslimah.

Yang jadi masalah, kadang kita sudah belajar banyak tapi ilmu yang masuk hanya sedikit. Yang sudah sedikit itu pun seringkali mudah terlupakan sehingga menghilang dan menguap begitu saja, ada juga ilmu yang didapat memang ada tapi tidak bermanfaat sama sekali untuk kehidupan dunia dan akhirat sang penuntut ilmu tersebut. Nah, bagaimana solusinya? Do’a.

Ya, insyaaAllah do’a bisa membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Dengan do’a, kita meminta ilmu langsung kepada Sang Pemilik Ilmu, maka insyaaAllah dengan demikian belajar menjadi lebih mudah dan ilmu yang didapat lebih bermanfaat. Adapun do’anya adalah sebagai berikut:

Do’a Meminta Tambahan Ilmu

Di dalam al-Qur’an dan hadits ada contoh doa untuk mendapatkan tambahan ilmu. Yang pertama do’a dari Qur’an:

وَقُلْ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

Dan katakanlah:

RABBII ZIDNII ‘ILMAN

”Ya Rabbku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan”. [Thâhâ/20:114]

Allah memerintahkan kepada kita untuk berdo’a seperti doa di atas, Allah memerintahkan kita untuk membaca doa di atas dan dengan mengamalkan apa yang Allah perintahkan maka insyaaAllah ilmu pun akan datang dan kita raih.

Ada juga do’a belajar yang bisa kita baca yang lainnya, kali ini dari al-Hadits,

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

ALAHUMMA INNII AS-ALUKA ‘ILMAN NAAFI’AN WA RIZQAN THAYYIBAN WA ‘AMALAN MUTAQABBALAN

“Ya Allah … aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang thayyib, dan amal yang diterima.” (HR. Ibnu Majah no. 925. Dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani.)

Sumber: muslim

Do’a di atas bisa kita baca untuk menambah ilmu, membantu belajar adalah do’a tersebut di atas. Do’a ini sangat baik dibaca, karena di dalamnya berisi pengakuan bahwa Allah-lah yang bisa memberi yang kita butuhkan berupa ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik dan juga amalan shalih yang diterima pahalanya.

Ada juga do’a lainnya yang bisa kita pakai untuk membantu proses belajar dan menuntut ilmu, doa yang satu ini selain meminta tambahan ilmu yang bermanfaat juga meminta perlindungan dari ilmu yang bermanfaat, bagus sekali. Lafadz do’a tersebut yakni:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ، وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ، وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ، وَمِنْ دُعَاءٍ لَا يُسْمَعُ

ALLAHUMMA INNI A-‘UUDZU BIKA MIN ‘ILMIN LAA YANFA’U, WA MIN QALBIN LAA YAKHSYA’, WA MIN NAFSIN LAA TASYBA’, WA MIN DA’WATIN LAA YASMA’

“Ya Allah … aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyu’, dari jiwa yang tidak merasa puas, dan dari doa yang tidak didengar (tidak dikabulkan).” (HR. Abu Dawud no. 1548, An-Nasa’i no. 5536, dan Ibnu Majah no. 3837. Hadits ini shahih.)

Sumber: muslim

Sama seperti do’a yang sebelumnya, do’a kali ini juga merupakan aplikasi dari tauhid yakni mengajarkan untuk meminta hanya kepada Allah dan bukan kepada yang lainnya. Do’a ini melengkapi do’a yang sebelumnya, jika sebelumnya doa meminta ilmu yang bermanfaat maka di doa kali ini kita berlindung dari ilmu yang tidak bermanfaat. Sebagai tambahan, kita juga meminta perlindungan pada Allah Yang Maha Berkuasa dari hati yang tidak khusyu, juga dari hawa nafsu yang pernah merasa puas akan pemberian-Nya, juga kita berlindung kepada Allah dari tidak diterimanya do’a-do’a kita.

Adapun variasi lainnya bisa juga kita baca do’a berikut:

اَللَّهُمَّ انْفًًًًًًََعْنِيْ مَا عَلَّمْتَنِيْ وَعَلِّمْنِيْ مَا يَنْفَعُنِيْ وَزِدْنِيْ عِلْماً

ALLAHUMMANFA’NII MAA ‘ALLAMTANII, WA ‘ALLIMNII MAA YANFA’UNII, WA ZIDNII ‘ILMAN

Ya Allah, berilah manfaat atas apa yang Engkau ajarkan kepadaku, ajarilah aku hal-hal yang bermanfaat bagiku, dan tambahilah aku ilmu [HR. at-Tirmidzi dan Ibnu Mâjah, dishahihkan al-Albâni]

Sumber: almanhaj

Dan do’a berikut, yang dicontohkan oleh sahabat Nabi Abdullah bin Mas’ud –radhiyallahu ‘anhu–

اَللَّهُمَّ زِدْنِيْ إِيْمَاناً وَفِقْهاً وَيَقِيْناً وَعِلْماً

ALLAHUMMA ZIDNII IIMAANAN, WA FIQHAN, WA YAQIINAN WA ‘ILMAN

Ya Allah, berilah aku tambahan iman, pemahaman, keyakinan dan ilmu

Sumber: almanhaj

Demikian beberapa contoh do’a untuk mendapatkan tambahan ilmu yang bermanfaat sekaligus berlindung dari ilmu yang tidak bermanfaat, semoga bisa diamalkan dan semoga bermanfaat untuk kehidupan kita semua. Allahumma aamiin.