Do’a Berlindung Dari Kejahatan

Hadis Berlindung Dari Kejahatan

Bismillaah wal hamdulillaah, kita telah Allah takdirkan hidup di zaman ini. Di zaman teknologi ini sangat banyak kemudahan hidup yang Allah berikan kepada kita. Mulai dari mudahnya komunikasi, mudahnya transportasi, tingginya ilmu kesehatan dan lain sebagainya, ini adalah suatu hal yang sangat memudahkan kehidupan kita. Maka kita patut bersyukur atas segala nikmatnya.

Namun demikian di balik segala kemudahan yang ada di zaman ini, masih banyak juga terjadi kejahatan antar sesama manusia. Bisa dibilang, tingkat kejahatan dan kekerasan di zaman ini, di lingkungan kita negara Indonesia, cukup tinggi. Masih banyak pencurian, perampokan, perampasan, pembegalan, pemerkosaan, pembunuhan dan lain sebagainya yang terjadi di sekitar kita. Sebagai seorang manusia secara naluri pasti akan berusaha untuk mempersiapkan berbagai pengamanan yang kita bisa (CCTV, kunci, satpam, gembok) dan sebagai seorang muslim hendaknya kita tambahkan juga dengan do’a-do’a perlindungan dari berbagai kejahatan dan keburukan.

Apakah ada do’anya? Ya, ada, Islam mengajarkan beberapa do’a perlindungan yang kita baca untuk mengamankan diri kita, agar Allah senantiasa melindungi kita dari keburukan dan kejahatan.

Do’a Berlindung Dari Kejahatan Manusia

Di antara do’a perlindungan yang bisa kita baca adalah sebuah do’a dari hadits Utsman bin Affan, yakni:

Nabi bersabda bahwa barang siapa yang mengatakan

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

BISMILLAAHILLADZII LAA YADHURRU MA’ASMIHI SYAI-UN FIL ARDHI WA LAA FIS-SAMAA-I WA HUWAS-SAMII’UL ‘ALIIM

“Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui) sebanyak tiga kali, niscaya tidak akan ada sesuatu pun yang memudharatkannya”

Sumber: muslim, HR. Abu Daud: 5088, dan Tirmidzi: 3388

Mudah diingat dan sangat besar manfaatnya, betapa besar berkah dari do’a ini. Lalu ada juga do’a berikutnya dari jalur Khaulah binti Hakim,

Rasulullah bersabda bahwa barangsiapa singgah di suatu tempat dan mengatakan

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

A-‘UDZUU BI KALIMAATILLAAHIT-TAMMAATI MIN SYARRI MAA KHALAQ

(Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan apa yang diciptakan-Nya) niscaya tidak akan ada yang memudharatkannya”

Sumber: muslim, HR. Tirmidzi: 3437, dan An Nasai: 5433

Adapun do’a perlindungan dari al-Qur’an ada juga, yakni dengan cara membaca dua surat terakhir di dalam al-Qur’an, yakni surat al-Falaq dan an-Naas, keduanya juga dikenal sebagai surat mu’awwidzatain (dua surat perlindungan) yang akan melindungi pembacanya dari keburukan. Sebagaiman dalam salah satu hadits yang shahih, Nabi bersabda:

قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدُ وَالـمُعَوِّذَتَينِ حِينَ تُمْسِي وَحِينَ تُصْبِحُ ثَلاثَ مَراتٍ تَكْفِيكَ مِنْ كُلِّ شَيءٍ

“Bacalah Al Ikhlas dan Mu’awwidzatain (An Naas dan Al Falaq) di waktu sore dan pagi hari tiga kali, niscaya ia mencukupimu dari segala sesuatu”

Sumber: muslim, HR. Abu Daud: 5082, dan Tirmidzi: 3575

Nah, demikian beberapa contoh do’a dan dzikir yang berasal dari Qur’an serta sunnah yang shahih yang dapat kita amalkan agar terhindar dari kejahatan dan keburukan di keseharian kita. Selamat menghafalkan dan mengamalkan, semoga bermanfaat dan semoga Allah selalu menjaga kita dari segala marabahaya.