Doa Memakai Baju, Pakaian Baru, Dan Melepas Pakaian: Arab, Latin, Terjemah

Alhamdulillaah, washshalaatu wassalaamu ‘alaa rasulillaah. Di antara nikmat yang besar yang Allah berikan kepada manusia adalah akal yang dengan akal tersebut kita bisa menjadi lebih maju dan beradab dibandingkan dengan ciptaannya yang lain seperti binatang. Dengan akal tersebut, kita bisa membuat banyak alat yg membantu kehidupan kita, menemukan obat untuk kesehatan kita, mengenal diri-Nya, menyembah-Nya dan lain sebagainya. Dan di antara nikmat-Nya, dengan akal kita menjadi tahu adab dan menutup aurat kita.

Ya, Allah telah berikan kepada kita akal sehat untuk menutup aurat kita dengan pakaian, entah itu berupa baju, gamis, kemeja, jilbab, sarung, baju koko, jaket, dan lain sebagainya. Karenanya, sudah sepantasnya kita bersyukur pada Allah atas nikmat pakaian tersebut, salah satu caranya adalah dengan mengenakan pakaian yang sesuai dengan tuntunan syari’at dan berdo’a saat memakai dan melepaskannya.

Nah, berikut ada beberapa do’a yang bisa Anda amalkan saat mengenakan dan melepas pakaian, yang pertama, do’a saat kita akan memakai pakaian:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَسَانِيْ هَذَا (الثَّوْبَ) وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّيْ وَلاَ قُوَّةٍ

ALHAMDULILLAAHILLADZII KASAANII HAADZAA (ATS-TSAUBA) WA RAZQANIIHI MIN GHAIRI HAULIN MINNII WA LAA QUWWATIN

“Segala puji bagi Allah yang telah memakaikan kepadaku pakaian ini dan yang telah memberikan rizki pakaian ini kepadaku tanpa ada daya dan kekuatan dariku.”

Sumber: kaahil, HR. Abu Dawud, At-Tirmidziy dan Ibnu Majah, lihat Irwaa`ul Ghaliil 7/47

Yang kedua, jika yang kita pakai adalah pakaian yang baru, ada do’anya juga, sebagaimana berikut:

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ كَسَوْتَنِيْهِ، أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا صُنِعَ لَهُ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ

ALLAHUMMA LAKAL HAMDU, ANTA KASAUTANIIHI, AS-ALUKA MIN KHAIRIHI WA KHAIRI MAA SHUNI’A LAHU, WA A’UDZUUBIKA MIN SYARRIHI WA SYARRI MAA SHUNI’A LAHU

“Ya Allah, segala puji hanya untuk-Mu. Engkau telah memakaikan pakaian ini kepadaku. Aku meminta kepada-Mu akan kebaikannya dan kebaikan yang dibuat untuknya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang dibuat untuknya.”

Sumber: kaahil, HR. Abu Dawud, At-Tirmidziy dan Al-Baghawiy, lihat Mukhtashar Syamaa`il At-Tirmidziy karya Asy-Syaikh Al-Albaniy hal.47

Nah, jika kasusnya kita yang melihat orang memakai pakaian baru, maka kita do’akan dengan do’a yang sangat indah:

تُبْلِي وَيُخْلِفُ اللهُ تَعَالَى

TUBLII WA YUKHLIFULLAHU TA’ALA

“Semoga berumur panjang, dipakai sampai usang dan diganti dengan yang lebih baik oleh Allah Ta’ala.” (HR. Abu Dawud 4/41, lihat Shahih Abu Dawud 2/760)

Atau membaca:

اِلْبَسْ جَدِيْدًا، وَعِشْ حَمِيْدًا، وَمُتْ شَهِيْدًا

ILBIS JADIIDAN WA ‘ISY HAMIIDAN WA MUT SYAHIIDAN

“Pakailah (pakaian) yang baru, hiduplah dengan terpuji, dan matilah sebagai orang yang syahid.” (HR. Ibnu Majah 2/1178 dan Al-Baghawiy 12/41, lihat Shahih Ibnu Majah 2/275)

Sumber: Kaahil

Adapun saat melepas pakaian, kita bisa ucapkan do’a yang penuh berkah berikut:

بِسْمِ اللهِ

BISMILLAAH

“Dengan nama Allah.” (HR. At-Tirmidziy 2/505 dan lainnya, lihat Irwaa`ul Ghaliil no.49 dan Shahiihul Jaami’ 3/203)

Sumber: Kaahil

Penjelasan Do’a Memakai dan Melepas Pakaian

MasyaAllah, kita perhatikan berbagai do’a di atas, yang kesemuanya berasal dari hadits shahih. Ternyata bahkan saat memakai pakaian pun kita dianjurkan di dalam Islam untuk selalu mengingat Allah Ta’ala, bersyukur atas nikmatnya dan meminta kebaikan untuk nikmat pakaian yang kita terima, sekaligus berlindung dari keburukan pakaian yang kita kenakan. Ini benar-benar praktek tauhid dalam kehidupan nyata, meminta hanya kepada Allah dan mensyukuri nikmat Allah melalui do’a pada-Nya di saat akan memakai pakaian baik lama atau baru, dan di saat melepas pakaian.

Bagaimana dengan Anda? Sudahkah mengamalkan do’a di atas? Semoga Allah mudahkan kita untuk selalu ingat pada-Nya kapan pun dan di mana pun kita berada.