Doa Bercermin, Berkaca, Berhias: Arab, Latin, Terjemah

Salah satu hal yang disukai oleh manusia adalah memandang kepada wajahnya sendiri di cermin, terutama dalam pose sedang tersenyum. Entah kenapa, tapi memang banyak orang yang suka untuk bercermin memandang wajahnya sendiri. Narsis? Bisa jadi.

Nah, Islam sebagai sebuah agama yang sempurna tidak meninggalkan hal ini. Segala hal dari kecil dari mulai membersihkan kotoran hingga pemerintahan ada aturannya dalam Islam, tidak terkecuali dalam urusan bercermin, ternyata ada tuntunannya juga, dalam hal ini ada do’a yang bisa kita baca saat kita bercermin, yakni:

اللَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِي فَحَسِّنْ خُلُقِي

ALLAHUMMA KAMAA HASSANTA KHALQII, FA HASSIN KHULUQII

Wahai Allaah sebagaimana Engkau telah membaguskan tubuhku, maka baguskanlah akhlak ku

Sumber: muslimafiyah, HR. Ahmad, dishahihkan oleh Ibnu Hibban

Hadits di atas dishahihkan oleh Imam Ibnu Hibban, namun ada sebagian ulama yang melemahkannya seperti Syaikh Muqbil bin Hadi al-Wadi’i rahimahullah.

Dalam hadits ini tidak disebutkan bahwa Nabi membacanya saat bercermin, demikian menurut Syaikh Bakr Abu Zaid.

Akan tetapi sebagian ulama menyatakan bahwa do’a di atas sebaiknya dibaca saat kita bercermin, di antara yang berpendapat seperti ini adalah Syaikh Dr. Abdullah bin Abdurrahman al-Jibriin rahimahullah. Dan ini pendapat yang kami ikuti.

Kandungan Do’a

Secara ringkas, do’a di atas cocok dibaca ketika kita bercermin, berkaca dan berhias dikarenakan maknanya yang tepat untuk situasi yang demikian. Pertama, di bagian awal do’a kita mengakui bahwa Allah-lah yang menjadikan rupa kita baik, ini adalah kandungan tauhid yang kental dari do’a di atas.

Selanjutnya, setelah mengakui bahwa Allah-lah yang membentuk rupa kita, kita pun sekaligus menyatakan syukur kita pada-Nya dengan pengakuan kita tersebut. Setelah itu, kita meminta agar akhlak kita pun Allah jadikan baik sebagaimana Allah telah menjadikan bentuk badan kita menawan. Betapa banyak orang yang indah fisiknya tapi buruk akhlaknya, adapun kita dengan berdo’a sebagaimana di atas mudah-mudahan Allah jadikan indah jasadnya dan indah pula akhlaqnya.