Video Murottal Qur’an sebagai Media Menghafal Al Qur’an

Meskipun menghafal Al Qur’an adalah kifayah, atau gugur ketika sebagian orang telah melakukannya, kita hendaknya melakukannya agar senantiasa terbimbing pada jalan Allah. Kita tahu bahwa kitab Al Qur’an merupakan petunjuk bagi umat muslim, oleh karena itu hendaknya kita wajib mengetahuinya. Selain agar senantiasa terbimbing pada jalan Allah, menghafal Al Qur’an memiliki keutaman-keutamaan bagi penghafalnya. Keutamaan menghafal Al Qur’an antara lain dijanjikan syurga Firdaus, mencerdaskan dan meningkatkan IQ, mendapatkan ilmu agama dan ilmu dunia, memiliki kestabilan psikologis, mendapatkan kesehatan jasmani, Mendapatkan keuntungan dagang dan tidak pernah merugi, serta masih banyak lagi keutamaan membaca Al Qur’an baik untuk kebaikan dunia maupun akhirat.

Membaca satu huruf saja akan memperoleh 10 kebaikan bagi pembacanya, apalagi bila Anda membaca satu ayat yang terdiri dari sejumlah huruf. In syaa Allah akan memperoleh kebaikan baik di dunia maupun akhirat. Kebaikan tersebut Anda peroleh ketika membacanya, bagaimana jika menghafalnya. In syaa Allah akan memperoleh pahala. Menghafal Al Qur’an adalah amalan baik yang dicintai Allah. Allah mencintai orang-orang yang menghafal Al Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

misyari-rasyid

Kendala bagi sebagian besar orang tidak kunjung dapat menghafal Al Qur’an adalah perkara niat atau kemauannya. Jika seseorang telah niat menghafal Al Qur’an, maka ia akan terus menerus berusaha untuk menghafal Al Qur’an. alasan lain yaitu karena tidak ada yang membimbing. Sebagian orang berasumsi bahwa orang yang menuntut ilmu agama di pondok pesantren pasti akan dapat menghafal Al Qur’an dengan baik. Sementara orang yang tidak mendapat bimbingan intensif seperti di pondok pesantren akan cenderung tidak dapat menghafal Al Qur’an dengan baik. Ini merupakan asumsi yang akan menghambat kita untuk terus berupaya menghafalkan Al Qur’an.

Salah satu cara menghafal qur’an yang dapat Anda terapkan yaitu dengan menggunakan media video murattal. Berikut tips-tips mendapatkan video murattal untuk menunjang upaya Anda menghafal Al Qur’anul karim.

1. Youtube sebagai Sumber

Pilihlah youtube sebagai laman penyedia video murattal. Ketika Anda mengetikkan sebuah kata kunci dalam kotak pencarian, maka akan muncul beberapa video yang salah satu yang terbaik. Kemudahan dalam mengakses internet dapat menunjang upaya menghafal Al Qur’an Anda.

2. Pilih Video Berkualitas

Dalam memilih video murattal hendaknya memperhatikan kualitasnya, baik kualitas suara maupun gambarnya. Kualitas suara yang baik akan memudahkan Anda untuk menyimaknya. Sedangkan kualitas gambar yang baik akan memudahkan Anda membaca ayat-ayat yang ditampilkan.

3. Pilih yang Ada Terjemahan

Selain memilih video yang berkualitas, hendaknya Anda memilih video yang terdapat terjemahannya. Bila tidak mendapatkan video yang terdapat terjemahan bahasa Indonesia, boleh pula menyimak video murattal yang berterjemahkan bahasa asing yang Anda mengerti, seperti bahasa Inggris. Adanya terjemahan ini akan memudahkan Anda untuk mengetahui dan menghafal maknanya.

4. Pilih Bacaan yang Sahih

Hal yang paling penting untuk diperhatikan yaitu kesahihan bacaan Qur’an dalam video murattal. Kesahihan ini dapat dicek dalam mushaf atau mengetahui latar belakang qari yang melantunkannya. Pastikan dari qari yang terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *