Cara Mengaji Al Qur’an dengan Baik

Tata Cara Mengaji Download Awal Mengaji Tata Cara Memgaji Download Shalawat Setelah Ngaji Cara Mengaji Yg Benar Unduh

Mengaji atau membaca Al Qur’an hendaknya dilakukan oleh setiap umat muslim. Setelah dapat mengaji atau membaca diharapkan dapat mengamalkan pada kehidupan sehari-hari. Al Qur’an adalah petunjuk bagi umat muslim. Al Qur’an merupakan wahyu yang diturunkan Allah SWT kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam. Al Qur’an sebagai pedoman hidup berguna untuk menunjukkan jalan kebaikan, kebenaran, dan sebagai pengingat agar umat Islam berpegang teguh pada kitab suci Al Qur’an agar selamat di dunia maupun di akhirat kelak. Untuk itu hendaknya kita mengetahui petunjuk yang telah dituangkan dalam Al Qur’an dengan cara membacanya atau mengaji.

Terlebih lagi apabila menghafal Al Qur’an. menghafal Al Qur’an hukumnya adalah kifayah yang berarti bila telah ada sebagian orang yang melakukannya, maka yang lain tidak wajib atau telah gugur kewajibannya. Namun demikian, kita semua dianjurkan untuk dapat menghafal Al Qur’an karena Al Qur’an merupakan kitab yang berisi petunjuk bagi umat Islam. Selain untuk mengetahui, memahami, dan mempelajari petunjuk bagi umat muslim, menghafal Al Qur’an juga memiliki keutamaan.

Menghafal Al Qur’an memiliki berbagai keutaman di antaranya menjadi benteng atau perisai hidup, mendapatkan nikmat yang sama dengan nikmat kenabian, mendapatkan kebaikan dan berkah, mendapatkan tasyrif nabawi, dipakaikan makhota dari cahaya yang serupa dengan cahaya matahari pada hari kiamat, kedua orang tuanya dipakaikan jubah kemuliaan yang tidak dapat ditukar dengan dunia dan isinya, dan masih banyak keutamaan yang lain.

Agar Bacaan Qur’an Menjadi Baik

Lalu bagaimana cara agar bisa membaca Qur’an dengan baik?

Untuk dapat mengaji dengan baik sehingga dapat memahami serta menghafal Al Qur’an hendaknya dilakukan cara mengaji yang baik berikut ini.

1. Menguasai Huruf Hijaiyah

Menguasai huruf hijaiyah merupakan langkah awal untuk mengaji dengan baik. Dalam mengauasai huruf hijaiyah hendaknya hafal keduapuluh delapan huruf hijaiyah. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kesalahan dalam membaca atau mengaji Al Qur’an.

2. Menguasai Tanda Baca

Tanda baca hendaknya harus kita kuasai. Menguasai tanda baca seperti fathah, kasrah, dan dhamah dimaksudkan agar tidak ada kesalahan dalam membaca Al Qur’an.

3. Menguasai Pelafalan

Menguasai lafal dengan mengatahui panjang pendeknya kata yang harus dibaca. Harus tepat dalam melafalkan setiap kata yang terdapat dalam Al Qur’an. Bila tidak tepat dikhawatirkan akan menggeser artinya atau maknanya pula.

4. Menguasai Tajwid

Tajwid merupakan teknik membaca Qur’an dengan baik dan benar. Tejwid yang harus Anda kuasai meliputi idgham bighunnah (dibaca mendengung sampai 6 harakat), idgham billagunnah (yang terdiri atas izhar: dibaca jelas dan ikhfa: dibaca samar), serta iqlab (dibaca mati).

5. Membaca Setiap Hari

Membaca Al Qur’an akan mendatangkan 10 kebaikan pada setiap hurufnya. Membaca Al Qur’an setiap hari selain memperoleh kebaikan, juga akan menjadikan Anda semakin terasah dalam kemampuan mengaji. Lebih baik jika ditingkatkan menjadi hafal Al Qur’an.

6. Mengamalkannya

Sebaik-baiknya mengaji, akan lebih baik bila mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Al Qur’an adalah pedoman atau petunjuk bagi umat muslim. Menjalankan hidup sesuai dengan pedoman Al Qur’an merupakan cara untuk berjalan di jalan Allah.

Cara Mengaji Yg Benar Unduh Video