Belajar Ngaji Iqra’ – Mudah dan Efektif

Iqro Bacaan Iqro Jilid 3 Iqro Jilid 3 Bacaan Iqro Jilid 1 Huruf Huruf Iqro 3

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, arus informasi yang masukpun semakin deras. Tidak semua informasi yang masuk tersebut bermuatan positif. Bhakan cukup banyak yang membawa dampak negatif. Oleh karena itu kita harus dapat membekali diri kita dan anak – anak kita  dengan memahami alquran.

Langkah pertama untuk dapat memahami alquran ialah tentu saja dengan bisa mengaji. Ya, kita memang harus membekali anak – anak kita dengan pendidikan agama. Salah satu caranya adalah dengan mengajarkan ngaji. Eits, anda sendiri sebagai orang tua juga harus bisa ngaji, loh.

Ada beberapa metode yang digunakan untuk belajar ngaji. Metode yang paling banyak digunakan dalam masyarakat ialah metode belajar ngaji Iqra’. Metode ngaji Iqra’ memang lebih mudah namun tetap efektif digunakan. Terbukti  jutaan umat muslim di Indonesia berhasil mempelajari cara membaca Alquran dengan menggunakan metode tersebut.

Metode belajar ngaji  Iqra’ ini disusun oleh Ustadz As’ad Human yang berasal dari Yogyakarta. Metode tersebut kemudian berkembang dan dikenal luas, tidak hanya di Yogyakarta namun ke seluruh pelosok Indonesia. Beliau bahkan  mendapat penghargaan dari pemerintah atas hasil karyanya tersebut.

bukuiqro

Silabus Pelajaran Buku Iqro’

Belajar ngaji Iqra’ terkenal akan metodenya yang sistematis sehingga mudah dipahami. Terbagi atas 6 jilid buku, membuat tahapan – tahapan belajar ngaji menjadi lebih mudah dan tertata. Isi materi dari masing-masing jilid buku ialah:

Jilid 1

Pada buku belajar ngaji Iqra’ jilid paling awal ini, murid akan diajarkan mengenai pengenalan bunyi huruf tunggal. Huruf – huruf hijaiyah  yang terdapat dalam jilid 1 ini menggunakan harokat fathah.

Jilid 2

Pada buku ngaji Iqra’ jilid berikutnya, murid akan mulia belajar membaca huruf bersambung namun tetap yang berharokat fathah.

Jilid 3

Buku ngaji Iqra’ jilid 3 ini mulai memperkenalkan harokat lain, seperti kasroh dan dhomah.

Jilid 4

Murid akan mulai diperkenalkan dengan bacaan fathah tanwin, kasroh tanwin, dan dhomah tanwin. Diperkenalkan juga dengan huruf lain yang menggunakan harokat sukun.

Jilid 5

Pada jilid 5 ini murid akan belajar membaca alif lam qomariah, waqof, nunsukun tanwin, dan mad far’i. Murid juga akan mulai mengenal huruf – huruf idzghom bighunah.

Jilid 6

Jilid paling akhir dari seri belajar ngaji Iqra’ ini memuat cara membaca nunsukun atau tanwin yang bertemu dengan huruf – huruf iqlab maupun ikhfa. Juga dikenalkan waqof dan cara membacanya.

Prinsip Belajar Metode Iqro’

Sedangkan prinsip pembelajaran dalam metode Iqra’ itu sendiri terdiri lima tingkatan dasar, yaitu:

1. Tariqat Asshautiyah, yaitu pengenalan bunyi huruf hijaiyah.

2. Tariqat Adtadrij, yaitu pengenalan dari yang mudah kemudian yang sulit.

3. Tariqat Biriyadhotil Athfal, pengenalan melalui latihan secara langsung.

4. Attawassuk fi maqosid la Fil Alat, yaitu pengajaran yang mengutamakan tujuan yang harus dicapai, bukan pada alat yang digunakan.

5. Tariqot Bimuraat Al Isti’dadi Wattabik, yaitu pengajaran yang memperhatikan kesiapan dan kematangan masing – masing murid.


Huruf Hijaiyah Iqro Jilid 1 Iqra 3 Akhir Iqra Dan Bacaan Jilid Satu Iqra Jilid 3 Ghom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *