Cara Belajar Mengaji Al Qur’an dengan Berbagai Metode

Download Belajar Mengaji Al Quran Sendiri Belajar Ngaji Pedoman Ar Rahman Cara Menyeleksi Orang Mengaji Contoh  Orang Mengaji Download Belajar Ngaji Yang Di Lagukan

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda bahwa membaca Al Qur’an untuk mendatangkan syafaat di hari kiamat kelak. Rasulullah memerintahkan umatnya untuk membaca Al Qur’an setiap waktu dan setiap kesempatan, dan lebih ditekankan pada bulan Ramadhan. Kelak pada hari kiamat, Allah kan menjadikan pahala membaca Al Qur’an sebagai pahala yang berdiri sendiri. Pahala tersebut dengan seizin Allah akan datang pada orang-orang yang rajin membaca Al Qur’an sebagai syafaat. Untuk itu, kita hendaknya lebih meningkatkan ibadah mengaji Al Qur’an kita untuk memperoleh syafaat di hari kiamat kelak.

Al Quran merupakan pedoman bagi setiap muslimin dan muslimat. Al Qur’an adalah kebenaran, Al Qur’an adalah sebuah wahyu dari Tuhan kita, Allah tabaraka wa ta’ala, yang diturunkan oleh-Nya kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam. Al Qur’an untuk menjadi pedoman bagi kehidupan dan untuk menunjukkan jalan-jalan kebaikan, kebenaran, dan sebagai pegangan bersama agar umat Islam menjadikannya sebagai pegangan hidup agar bisa selamat di dunia maupun di akhirat kelak.

Al Qur’an memiliki keistimewaan bagi orang-orang yang rajin membacanya. Setiap satu ayat yang dibaca mengandung sepuluh kebaikan di dalamnya. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda bahwa di antara sumber pahala yang sangat besar bagi ummat Islam adalah dengan membaca Qur’an dan mengamalkan isinya. Ya, selain membuat diri menjadi tenteram, membaca Qur’an pun membuat simpanan pahala kita bertambah, insyaaAllah.

Namun, masih banyak di antara kita yang masih belum dapat membaca Al Qur’an dengan baik, bahkan sama sekali. Tidak ada kata terlambat untuk belajar mengaji Al Qur’an. berikut beberapa metode atau cara belajar mengaji yang dapat Anda terapkan agar dapat membaca Al Qur’an.

1. Metode Bimbingan

Metode bimbingan merupakan cara yang banyak digunakan oleh sebagian besar orang untuk belajar mengaji. Metode bimbingan merupakan cara yang paling baik karena adanya ustadz atau ustazah yang memiliki pengetahuan yang lebih mengenai baca-membaca Al Qur’an. Ustadz atau ustazah tersebut akan memberikan contoh, mendampingi Anda membaca Al Qur’an, serta membenarkan bacaan Aq Qur’an Anda.

2. Metode Iqra’

Metode lain untuk belajar Al Qur’an yaitu metode iqra’. Iqra’ merupakan buku yang berisi huruf-huruf Arab yang mudah dipelajari. Latihan yang diberikan akan memberikan kemudahan bagi Anda. Metode iqra’ ini dapat Anda lakukan bersama pembimbing atau belajar sendiri. Latihan-latihan dalam iqra’ dilakukan secara bertahap dan sederhana. Mula-mula membaca satu persatu huruf-huruf hijaiyah, kemudian huruf hijaiyah berjajar dua, huruf hijaiyah berjajar tiga, empat, dan seterusnya.

3. Metode Menyimak Murattal

Metode yang berikutnya adalah metode menyimak murattal. Murattal merupakan cara membaca Al Qur’an dengan memperhatikan kebenaran bacaan dan keindahan bacaan. Banyak kita jumpai model-model murattal yang dapat kita unduh di internet seperti mp3 atau video. Anda hanya perlu menyimak dan menduplikasi bacaan Al Qur’an seperti pada murattal mp3 atau video yang telah Anda unduh.

M3  Belajar Mengaji