Tahsin Al Quran, untuk Kesempurnaan dalam Membaca Al Quran

Tahsin Al Quran Mp3 Download Ayat Ayat Tahsin Huruf Taksin Dalam Alquran Tahsin Sederhana

Di dalam membaca Al Quran tidak bisa sembarangan. Ada aturan tersendiri di dalam membaca Kitab suci Umat Islam ini. Salah satunya yaitu tahsin Al Quran. Membaca Al Quran memang sebuah kewajiban umat muslim untuk dijalankan. Namun, apakah kita sudah membaca Al Quran secara baik dan benar? Sudahkah kita melafazkan ayat-ayat di dalam Al Quran secara betul saat kita membacanya? Ataukah kita hanya sekedar membaca saja tanpa diikuti dengan mempraktikkan ilmu-ilmu membaca Al Quran secara baik dan benar?

Jika belum, maka menjadi perlu untuk mempelajari tahsin Al Quran. Mempelajari Tahsin Al Quran sangat berguna nantinya untuk dapat membaca dan juga memaknai kitab suci Al Quran.

Makna dan Pentingnya Tahsin

Tahsin sendiri berasal dari kata hassana-yuhassinu‘. Kata tersebut mempunyai arti membaguskan. Kata hassana-yuhassinu sering disamakan dengan kata tajwid yang berasal dari kata jawwada-yujawwidu. Karena itu para Ulama biasanya menyamakan makna antara tajwid dan juga tahsin. Para Ulama mengartikan tajwid dan juga tahsin yaitu mengeluarkan huruf hijaiyah sesuai dengan tempat keluarnya dengan memberi hak dan juga mustahaknya.

Hal ini dapat diartikan  tahsin Al Quran adalah menyempurnakan hal-hal yang berhubungan dengan penyempurnaan ucapan huruf-huruf AlQuran. Baik pada kesempurnaan sifat yang ada di dalamnya dan juga hukum bacaan antara satu huruf dengan huruf lainnya, misalnya hukum bacaan nun mati bertemu tanwin, dan mim mati, dan lain sebagainya.

Mengapa harus belajar tahsin Al Quran? Dari segi arti, sudah sangat jelas bahwa fungsi dari tahsin sendiri sama dengan tajwid yakni membaguskan. Surat Al Muzammil ayat 4 adalah dasarnya. Di sana dijelaskan bahwa umat muslim di dalam membaca kitab Al Quran haruslah dengan tajwid. Kita harus  membaca Kalam-Nya dengan baik dan tepat. Jadi mempelajari Ilmu tahsin adalah juga merupakan perintah Allah. Selain itu membaca Al Quran dengan sebenar-benarnya merupakan refleksi iman seorang umat Muslim kepada kitabnya.

Dijelaskan di dalam Q.S Al Baqarah ayat 121, di sana dijelaskan bahwa membaca kitab suci Al Quran dengan sebenar-benarnya merupakan refleksi iman seorang muslim kepada Kitab-Nya, dan jika tidak dilaksanakan, diancam kebinasaan dan kerugian abadi di akhirat. Oleh karena itu membaca Al Quran dengan sesempurna-sempurnanya merupakan sebuah bukti kejujuran seorang umat Muslim kepada Kitabnya.

Terhindar Dari Lahn

Alasan lainnya mengapa kita harus mempelajari tahsin Al Quran cukup sederhana, yaitu agar kita terhindari dari kesalahan-kesalahan bacaan ketika kita membaca Al Quran. Kesalahan-kesalahan di dalam membaca AL Quran terbagi menjadi 2 yaitu Lahn Jaliyy dan yang kedua yaitu Lahn Khafiyy. Lahn Jaliy adalah kesalahan fatal, seperti tertukar huruf yang dibaca, yang diakibatkan karena kurang hati-hati didalam membaca Al Quran. Sedangkan Lahn Kafiy merupakan kesalahan ringan, seperti tidak sempurna panjang pendeknya dalam membaca Quran.