Ternyata Belajar Ngaji Al Quran Itu Menyenangkan

Aplikasi Muslim

Belajar ngaji Al Quran itu menyenangkan, hal ini disampaikan banyak orang yang telah mendapatkan pembelajaran Al Quran dengan baik dan benar. Dari hasil survey di beberapa majelis pengajian Al Quran memang hal tersebut terbukti membuat para kaum muslim untuk selalu istiqomah melakukan ngaji Al Quran. Seperti apa ngaji Al Quran yang menyenangkan tersebut? Simak paparannya berikut ini:

Memahami pengertian “ngaji”

Ngaji dalam tatanan bahasa Indonesia yang baik dan benar artinya adalah “kaji” yakni mengkaji, mendalami, ataupun memahami sesuatu. Jika hal ini berkenaan dengan Al Quran berarti pengertian harfiahnya adalah mengkaji, membahas, mendalami dan memahami apa yang terkandung dalam Al Quran. Oleh karena itu, banyak para remaja mesjid ataupun para orangtua yang suka dengan “mengaji Al Quran” dan juga konsisten dalam pengajiannya karena mereka memahami apa yang dimaksud dengan mengaji.

Mendalami sebuah pedoman kehidupan yang nyata dari nabi besar kita Muhammad SAW ternyata merupakan naluri semua manusia. Karena pada dasarnya manusia menginginkan kehidupan yang bahagia bukan hanya di dunia maupun akhirat, oleh karena itu dengan adanya kajian Al Quran berarti ada kesempata kita sebagai manusia yang hidup di dunia ini mendapatkan ilmu pengetahuan yang bisa membahagiakan kehidupannya di dunia maupun akhirat.

Memahami maksud dari pembahasan

Memahami maksud dari pembahasan Al Quran, setiap pengajian tentunya pembahasannya beraneka macam, mulai dari tata cara berjualan alias berekonomi, berpolitik, bertenggang rasa dengan sesama, bersosial, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pahami maksud dari apa yang sedang di kaji di dalam Al Quran yang berkenaan dengan kehidupan sehingga suasana pengajian akan menyenangkan. Hal ini disebabkan orang akan semakin terpicu ketika memahami sebuah arti ayat untuk dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari, mereka akan berfikir kepada rahmat Allah, sehingga pemahamannya akan membuahkan sebuah karya yang bermanfaat bagi dirinya agar bisa bahagia di akhirat nanti.

Mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari

Hal yang paling ditunggu oleh Allah SWT dan tujuan adanya Rosul sebagai nabi kita adalah aplikasi apa yang telah Anda pelajari dan kaji tentang Al Quran kemudian di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Jika dalam bahasa mudahnya adalah di buktikan dalam hidup Anda, bagaimana menghadapi sebuah perbedaan agama, bagaimana menghadapi kehidupan tata krama, bagaimana menghadapi kesulitan ekonomi, bagaimana menghadapi setiap musibah dan lain sebagainya. Dengan demikian setiap ilmu pengajian yang Anda dapatkan akan menghasilkan sebuah pembelajaran hidup dan akhirnya terasa menyenangkan menghadapi permasalahan dunia untuk bisa dijadikan bekal nanti di akhirat kelak.

Itulah 3 poin dari hasil survey kepada para kaum muslim yang selalu konsisten melaksanakan belajar ngaji Al Quran, sehingga dilakukannya dengan ikhlas dan menyenangkan.