Tips Belajar Mengaji Cepat Bisa Dan Mahir

Metode Agar Cepat Mengaji

Pertanyaan tentang bagaimana agar belajar mengaji cepat bisa dan mahir adalah pertanyaan yang pasti muncul dari setiap kaum muslim yang ingin bisa menggapai ridho Allah SWT. Hal ini menjadi sebuah acuan  alias semangat kita agar terus istiqomah memberikan yang terbaik dalam hidup ini sesuai pedoman Al-Quran supaya bisa berbahagia dunia maupun akhirat. Beberapa poin yang perlu Anda ketahui agar mampu belajar mengaji dengan cepat, yaitu:

Niat yang kuat

Niat adalah senjata utama untuk bisa menggapai sebuah cita-cita, apalagi impian keinginan cita-cita tersebut adalah berkenaan dengan kehidupan setelah kematian yaitu akhirat. Oleh karena itu, hal yang pertama harus Anda lakukan adalah dengan memperkuat niat sebaik mungkin dan semaksimal mungkin. Disarankan agar niat segalanya karena Allah, bukan karena ingin di puji ataupun karena lainnya, tetapi niatkan semuanya untuk kita bisa beribadah dengan baik dan benar sesuai ajaran Rosullullah SAW.

Tekad yang kuat

Tekad adalah aplikasi dari niat, ketika niat memprogram otak agar bisa menggapai sebuah cita-cita, maka tekad adalah pelaksanaan jasad agar bisa menggapai cita-cita dari niat yang telah membentuknya. Maka hal kedua yang harus Anda lakukan adalah perkuat tekad untuk bisa belajar tanpa lelah, harus dengan semangat walaupun banyak kendala ataupun rintangan ketika Anda menghadapi pembelajaraan mengaji Al Quran.

Konsisten jadwal belajar

Konsisten alias istiqomah, adalah sebuah metode yang dilakukan dari jaman ke jaman semenjak Rosul ada hingga kepada para sahabat. Hal yang penting adalah bukan cepat bisanya tetapi konsistennya melakukan suatu kegiatan tersebut tanpa adanya cacat sedikitpun. Semaksimal mungkin jika Anda terbiasa melakukan kegiatan mengaji setiap hari setelah melakukan sholat magrib misalkan, maka lakukan terus tanpa adanya berhenti karena malas atau lain sebagainya. Hal tersebut sangat membantu Anda untuk memprogram diri agar bisa konsisten menjalani pembelajaran pengkajian Al Quran untuk manfaat kehidupan dunia maupun akhirat.

Lakukan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari

Hal yang terakhir dan tidak boleh dihilangkan adalah selalu salurkan ilmu mengaji Anda dalam kehidupan sehari-hari. Buktikan bahwa Anda adalah seorang muslim yang taat dan mampu mengaplikasikan segala kajian Al Quran layaknya seperti Rosulullah SAW. Dengan adanya praktek langsung di lapangan alias kehidupan sehari-hari, Anda akan menghadapi banyak tantangan untuk bisa menegakkan sebuah karakter Islami, dengan demikian setiap belajar mengaji Anda akan sangat cepat tanggap dan banyak berkembang untuk sebuah kebahagiaan dunia maupun akhirat.

Inti utama kita belajar mengaji adalah agar bisa bermanfaat untuk kehidupan di dunia sehingga menjadikan sebuah bekal di akhirat kelak. Oleh karena itulah beberapa poin di atas semoga bisa bermanfaat berkenaan dengan cara agar bisa belajar mengaji cepat dan mahir.