Teknik Belajar Quran Untuk Anak-Anak

Cara Anak Belajar Membaca Alquran Mp3 Taknik Belajar Muratal Juz Ama Untuk Anak

Sebagai orang tua, Anda tentu ingin agar anak Anda pandai dalam membaca dan juga mengetahui makna yang ada dalam quranm itu sendiri. Tetapi banyak orang tua yang kebingungan bagaimana cara mengajarkan anaknya untukbelajar quran dengan baik.

Anda tidak perlu merasa panik atau khawatir, sebenarnya cara mengajar anak untuk membaca quran itu tidak sulit. Beriktu ini adalah beberapa teknik belajar quran untuk anak-anak.

1. Mengenal huruf

Teknik pertama untuk mengajarkan anak untuk membaca quran adalah dengan mengenalkan berbagai macam huruf yang ada di dalam quran itu sendiri. Seperti diketahui bersama dalam huruf yang ada di dalam quran itu ada 28 macam. Jadi ajarkan anak Anda ke 28 huruf tersebut.

Saat ini ada banyak sekali aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengajari anak Anda guna menghafal huruf-huruf tersebut. Teknik seperti ini bukan hanya mempermudah anak untuk menghafal, juga membaut anak lebih bersemangat untuk menghafalnya.

2. Membacakan surat pendek dan maknanya

Berikutnya adalah dengan memberikan rangsangan-rangsanagn kecil untuk sang anak. Caranya adalah dengan membacakan beberapa surat pendek, pastikan makna di dalam surat itu menarik untuk anak tersebut. Anda dapat memilih salah satu surat pendek dengan makna dalam serta mendidik anak untuk lebih bertaqwa kepaad allah SWT. Contohnya adalah dengan membaca Al-Fatihah, di dalam ayat tersebut, terdapat berbagai makna tentang cara memaknai hidup dengan baik. Dengan teknik menerangkan yang baik, sedikit banyak membuat anak tertarik untuk membaca dan menadalami quran itu sendiri.

3. Belajar secara menyenangkan bukan membebani

Satu hal yang harus Anda ketahui ketika akan mengajari anak membaca quran adalah, dengan tidak membebani anak untuk harus membaca quran. Berikan rangsangan-rangsangan yang menyenangkan anak untuk dapat belajar membaca dengan baik, dengan cara yang menyenangkan, bukan dengan paksaan atau bahkan ancaman.

Ajak anak untuk belajar membaca quran dengan cara bermain, dengan menggunakan teknik seperti ini, anak tidak hanya akan mudah pahan, dan masuk ke dalam alam bawah sadar.

4. Mencontohkan makna bacaan

Agar anak mau belajar quran Anda juga harus mencontohkan makna quran tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Seperti ketika Anda  membaca al fatihah, di dalam surat tersebut bahwa kita sebagai manusia harus bertakwa kepada Alloh SWT dan tidak ada tuhan selain Allah, dan hal ini yang kemudian dicontohkan dengan cara tidak takut akan apapun selain Alloh. Dengan cara mencontohkan seperti ini, anak lebih terangsang, utnuk lebih mendalami quran itu sendiri.

5. Belajar bersama

Yang tearkhir agar anak lebih mau belajar adalah denagn belajar quran bersama. Dengan cara sepert ini anak akan menjadi lebih termotivasi dalam belajar dan mendalami quran.