Cara Cepat Baca Al-Quran Untuk Pemula

Cara Cepat Baca Yasin Download Metode Cordobana Belajar Cepat Membaca Alquran Pdf Belajar Al Quran Pdf Belajar Lagu Alquran Mp3 Download Untuk Pemula

Banyak yang berpikir jika untuk bisa membaca Al-Quran merupakan suatu hal yang sulit untuk dipahami karena menggunakan bahasa Arab. Bahkan mereka akan berpikir jika membaca Al-Quran membutuhkan waktu yang sangat lama dan hal inilah yang menjadikan seseorang menjadi semakin malas untuk mulai belajar. Sebenarnya Anda bisa dengan mudah mendapatkan cara cepat baca alquran dan tentunya Anda tidak perlu merasa malu, minder, atau sedih. Bahkan Allah telah menjamin umat-Nya yang telah tertera dalam surat Al-Qamar (54) ayat 17; ”Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?”. Nah berikut ini beberapa cara mudah untuk bisa membaca Al-Quran dengan cepat untuk pemula.

Meluangkan waktu secara khusus

Membaca Al-Quran itu bukan menunggu waktu luang tetapi berikan waktu luang untuk membaca Al-Quran. Dalam memberikan waktu tersebut untuk membaca Al-Quran juga harus dilakukan secara bersungguh-sungguh. Anda akan lebih kesulitan jika hanya menunggu waktu luang yang lama-kelamaan Anda tidak akan sempat untuk belajar membaca Al-Quran.

Mencari guru

Meskipun ingin mendapatkan cara cepat baca alquran tetapi tentunya Anda juga membutuhkan suatu proses. Dimana setelah Anda meluangkan waktu secara khusus tahap selanjutnya adalah mencari guru yang dapat membimbing Anda dalam membaca Al-Quran. Tidak diperkenankan untuk membaca secara otodidak, karena para pemula pasti tidak akan mengetahui hukum-hukum bacaan. Nah disinilah peran guru sangat penting dan wajib untuk dihadirkan ketika Anda membaca Al-Quran.

Dapat Membaca Huruf Hijaiyah

Sama halnya dengan membaca bahasa Indonesia, untuk dapat membaca Al-Quran yang menggunakan bahasa Arab ini tentunya Anda harus dapat membaca huruf hijaiyah terlebih dahulu. Jika Anda sudah paham dan hafal bagaimana cara membaca 28 huruf hijaiyah secara benar, maka tentunya hal tersebut sudah menjadi modal utama Anda untuk dapat membaca Al-Quran. Karena di dalam Al-Quran isinya merupakan bacaan yang tersusun dari 28 huruf hijaiyah tersebut.

Paham tanda baca

Selanjutnya adalah harus dapat mempelajari tanda baca, diantaranya fathah, kasrah, dhommah, sukun, dan tanwin. Tanda baca tersebut sama seperti huruf vokal jika dalam bahasa Indonesia.

Memahami tajwid

Di dalam Al-Quran terdapat juga yang namanya tajwid meskipun tidak begitu banyak yang muncul tetapi memahami tajwid harus Anda pahami secara betul-betul. Karena jika Anda belum bisa dikatakan sebagai orang yang fasih membaca Al-Quran jika tidak memahami tajwid.

Berlatih

cara cepat baca alquran yang terakhir adalah dengan terus berlatih hingga Anda lancar bagaimana cara membacanya. Karena akan lebih mudah dihafalkan jika Anda sudah bisa membaca Al-Quran. Bahkan akan bersyukur jika Anda juga mempelajari terjemahan dari Al-Quran untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena tentunya pahala yang didapatkan akan berlipat-lipat.