Baca Qur’an dan Temukan 5 Fakta Unik Ini

Huruf Hijaiyah Ter Unik

Selain baca Quran, kita dapat menemukan fakta-fakta unik yang terdapat di dalam kitab suci tersebut. Salah satunya dalam penataan ayat dan surah yang indah. Di bawah ini ada lima keunikan Alquran yang akan membuat kita makin menghargai kitab tersebut.

  1. Surah Terpanjang di Alquran

Sebagian orang pasti tahu fakta umum ini. Surah terpanjang yang ada di dalam Alquran ialah Al-Baqarah (sapi betina) dan berada di urutan kedua setelah surah Al-Fatihah. Al-Baqarah memiliki 286 ayat, 6.221 kata, serta 25.500 huruf. Dinamakan Al-Baqarah karena ada kisah tentang penyembelihan sapi betina oleh Bani Israil yang diperintahkan Allah Swt. (ayat 67-74). Surah ini disebut sebagai Fustatul Quran  karena mengandung hukum yang tidak tercantum di surah lain.

  1. Surah Terpendek di Alquran

Jika ada surah terpanjang, pasti ada juga surah terpendek di Alquran. Surah dengan ayat paling sedikit di dalam kitab tersebut adalah Al-Kautsar yang hanya terdiri dari tiga ayat. Meski begitu, surah yang masuk ke dalam golongan surah Makkiyah ini mempunyai makna nikmat yang banyak. Pokok kandungan surah Al-Kautsar adalah perintah untuk mendirikan salat dan berkorban karena Allah Swt. yang memberikan nikmat kepada umat manusia.

  1. Ayat Terpanjang dan Terpendek

Saat baca Quran, kita pasti akan menemukan ayat-ayat panjang dan pendek. Lantas, di mana letak ayat terpanjang dan terpendek di dalam Alquran? Ayat terpanjang ternyata berada di surah paling panjang di kitab tersebut, yakni Al-Baqarah. Lebih tepatnya pada ayat ke-282. Sedangkan untuk ayat terpendek di dalam Alquran dapat kita temui pada surah ke-55, yakni Ar-Rahman. Ayat paling pendek tersebut ada di ayat ke-64.

  1. Ayat yang Memiliki Seluruh Huruf Hijaiyah

Sepeti yang kita tahu, ayat-ayat di dalam Al-Quran disusun dari huruf Hijaiyah. Sebagian besar ayat di dalam kitab tersebut biasanya hanya tediri dari beberapa huruf Hijaiyah. Namun, tahukah kalian kalau salah satu ayat yang ada di dalam Alquran ternyata dirangkai dari seluruh huruf Hijaiyah? Ayat tersebut dapat kita temukan di surah Al-Fath dan Ali Imran. Dalam Al-Fath, kita akan menemukannya di ayat ke-29, sedangkan Ali Imran di ayat ke-154.

  1. Surah Paling Utama di Dalam Alquran

Dari 114 surah di dalam Alquran, surah mana yang paling diutamakan? Sesuai urutannya, Al-Fatihah merupakan surah paling utama dalam kitab tersebut. Al-Fatihah sendiri mempunyai arti pembukaan dan terdiri dari tujuh ayat serta masuk ke golongan surah Makkiyah. Di antara surah-surah di dalam Alquran, Al-Fatihah mempunyai keistimewaan, yakni menjadi surat pertama diturunkan secara lengkap dan punya nama lain Ummul Kitab atauUmmul Qur’an.

Semoga kita makin giat baca Quran!