Al Qur’an Adalah Mukjizat (Bukti Secara Sains)

Surah Ar Rahman

Al Quran adalah salah satu bukti kebesaran Allah Swt. yang tidak boleh disia-siakan oleh kita sebagai umat manusia. Di dalamnya, ada banyak hal yang dapat kita pelajari seperti bukti-bukti ilmiah yang sudah lama dibuktikan dalam beragam penelitian dari seluruh dunia. Lima di antaranya adalah fenomena alam yang di bawah ini.

  • Dua Laut Tak Menyatu

Jaques Yves Cousteau, seorang ahli oseanografi asal Prancis, menemukan dua laut (dari Mediterania dan Samudra Atlantik) tidak menyatu di Selat Gibraltar. Hal tersebut disebabkan perbedaan suhu, kadar garam, dan kerapatan airnya. Namun, jauh sebelum penemuan tadi, ternyata salah dua ayat di dalam Alquran telah menyebutkan fenomena pertemuan dua laut yang tidak menyatu. Antara lain surah Ar-Rahman ayat 19-20 serta surah Al-Furqaan ayat 53.

  • Api di Dasar Laut

Anatol Sbagovich, geolog asal Rusia, dan Yuri Bagnadov, ilmuwan asal Amerika Serikat, menemukan satu fenomena aneh, yakni api yang berada di dasar laut; tepatnya di lepas pantai Miami. Bentuknya seperti lava cair dan disertai abu vulkanik dengan suhu mencapai 231 oC. Kendati panas, ternyata lava tersebut tidak sanggup memanaskan air di sekitarnya. Hebatnya, fenomena ini sudah tercantum di Alquran, yakni pada surah At-Thur ayat 1-6.

  • Sungai di Dasar Laut

Bukti lain yang menunjukkan bahwa Al Quran adalah salah satu bentuk kebesaran Allah Swt. ialah satu fenomena yang ditemukan Jaques Yves Cousteau. Cousteau yang juga menemukan dua laut yang tak menyatu ternyat berhasil mendapati sungai di bawah laut. Beberapa ahli menyebut fenomena tersebut dengan lapisan Hidrogen Sulfida, terlebih lagi karena sungai tersebut terdiri dari air tawar. Jauh sebelum Cousteau menemukannya, surah Al-Furqaan menyebutkannya di ayat 53.

  • Asal-usul Besi

Besi dikenal sebagai salah satu logam berat yang kerap dipakai manusia dalam berbagai bidang. Lewat beberapa riset, ilmuwan menyatakan bahwa logam tadi berasal dari asteroid (yang mempunyai unsur besi) yang dahulu pernah menabrak Bumi di awal pembentukannya. Hal tersebut membuktikan bahwa besi ternyata bukan berasal dari Bumi. Namun sebelum penjelasan tadi muncul dari ilmuan, ternyata Alquran sudah menerangkannya pada surah Al-Hadiid ayat 25.

  • Relativitas Waktu

Albert Einstein dikenal sebagai salah satu ilmuwan besar di abad 20. Salah satu teori terkenal yang dia kemukakan adalah relativitas waktu yang memaparkan bahwa waktu ditentukan kecepatan dan massa. Selain itu, waktu juga bisa berubah berdasarkan keadaan. Namun, tahukah kalau teori ini ternyata sudah tercantum pada tiga surah di dalam Alquran? Antara lain surah Al-Hajj ayat 47, Al-Ma’aarij ayat 4, dan As-Sajdah ayat 5.

Sekian lima fenomena yang membuktikan Al Quran adalah bagian dari kekuasaan Allah Swt.!