3 Cara Menghafal Alquran Dengan Cepat Selama Beberapa Bulan

Memiliki guru adalah keharusan dalam mempraktikkan cara menghafal Alquran dengan cepat. Menghafal Al Quran dengan cara yang ceroboh tanpa dampingan seorang guru justru akan merusak bacaan dan hafalan yang Anda lakukan. Tentunya usaha dan waktu yang Anda habiskan untuk hafal Al Quran akan sia-sia dengan kualitas bacaan yang buruk. Selain memiliki guru terbaik untuk mendampingi, tips-tips berikut ini juga akan semakin memudahkan Anda menghafal Al Quran:

Tidak terburu-buru menghafal namun tidak harus hafal

Bahwa menghafal Al Quran tidaklah selalu berarti membuat Anda hafal. Artinya, saat Anda menghafal ayat-ayat Al Quran, peluang untuk hafal dan tidak hafal separuh-separuh. Bisa jadi Anda hafal, bisa jadi juga Anda tidak hafal. Jangan merasa cemas karena sesungguhnya hafalan ayat Al Quran itu mengenai waktu yang Anda habiskan untuk bersama-sama dengan ayat-ayat yang dibuat dan diturunkan langsung dari Allah SWT.

Saat Anda membuat target akan menghabiskan waktu 7-8 jam untuk menghafal ayat Al Quran, mengertilah bahwa berapa saja ayat yang bisa Anda hafalkan bukanlah perkara yang besar. Jika Anda hanya mampu menghafal 1 ayat, maka nikmatilah untuk membuat 1 ayat tersebut Anda hafalkan dengan sempurna. Jangan terburu-buru pindah ke ayat berikutnya hanya karena target. Seperti sudah diketahui bahwa ingatan setiap orang berbeda-beda.

Setia dan rindu pada Al Quran

Saat Anda berusaha menghafal Al Quran, secara tidak sadar hafalan ini justru menjadi tugas yang harus diselesaikan. Hal ini menjadikan hafal Al Quran justru menjadi beban yang secara tidak langsung terburu-buru untuk Anda khatamkan dan selesaikan. Ubah pola pikir Anda dengan menyatakan bahwa hafalan Al Quran adalah mengenai kesetiaan Anda pada Al Quran, yang berarti juga menunjukkan kesetiaan Anda kepada Allah SWT.

Jika kesetiaan yang Anda lakukan terasa berat karena sulit sekali membuat Anda mudah menghafal ayat-ayat Al Quran, jangan berputus asa. Saat Anda merasa kesulitan menghafal satu atau beberapa ayat, pahamilah bahwa itu merupakan bentuk kerinduan ayat tersebut kepada Anda. Sehingga sampaikan saja bahwa Anda juga merindukannya dan akan lebih sering membaca, menghafal sekaligus mengerti maknanya.

Sedikit demi sedikit namun nikmat

Untuk membuat hafalan Al Quran yang Anda lakukan menyenangkan, anggaplah bahwa hafalan sama dengan makan. Saat makan, Anda tidak akan merasa nikmat jika suapan yang Anda lakukan terlalu sedikit atau justru terlalu banyak yang dapat membuat mual. Demikian pula dengan menghafal Al Quran. Jika Anda menghafal terlalu sedikit tidak akan nikmat. Namun saat Anda menghafal terlalu banyak, Anda akan sangat kesulitan.

Hafalkan ayat-ayat Al Quran sesuai dengan kemampuan Anda menghafal. Nikmatilah bahkan meski sedikit karena terlalu banyak justru akan membuat Anda kesulitan. Pastikan untuk membuat hukum-hukum bacaan Al Quran benar dan tepat. Sehingga hafalan yang Anda lakukan dapat dilafalkan dengan baik dan tepat. Carilah seorang guru terbaik untuk mendampingi cara menghafal Alquran dengan cepat, sehingga bisa mengoreksi semua hafalan Anda.