Kunci Rahasia Bisa Cepat Hafal Alquran

An Nana

Cepat Hafal Alquran

Banyak anak-anak hafal Alquran, seperti halnya yang bisa dilihat dari sejumlah ajang hafiz dan hafizah di televisi. Bagi yang sudah berusia dewasa mungkin memiliki rasa minder atau malu. Anak-anak usia balita saja sudah begitu lancar melantunkan ayat-ayat Alquran. Sebenarnya bagi Anda yang ingin pula bisa menghafal Alquran caranya tidak sulit. Adapun berikut kunci rahasia agar bisa menghafal Alquran cepat:

  • Luruskan Niat

Pertama-tama luruskan niat untuk menghafal Alquran. Pasalnya niat yang salah seringkali berujung pada kesia-siaan untuk tiap amalan yang dilakukan. Oleh sebab itu, belajar menghafal Alquran ikhlas karena Allah SWT. Insyaallah dengan niat yang lurus proses belajar akan lancar dan kendala akan sirna.

  • Yakin Bisa Menghafal

Yakinkan diri Anda bahwa Anda bisa menghafal Alquran. Tanamkan pula bahwa belajar hafal Alquran itu mudah. Dengan menanamkan keyakinan di dalam hati insyallah benar-benar akan mudah menghafal.

  • Membaca Berulang 7 Kali

Agar bisa cepat hafal baca ayat-ayat Alquran yang ingin dihafalkan secara berulang. Ulangi sebanyak 7x berturut-turut. Jadi jangan langsung dihafalkan. Hal ini agar Anda merasa terbiasa dengan ayat tersebut baik letak huruf atau panjang pendeknya. Setelah 7 kali membaca baru coba untuk menghafalkannya. Dengan pengulangan ini sekiranya bisa lebih mudah.

  • Konsentrasi Tinggi

Dalam proses belajar menghafal dibutuhkan konsentrasi tinggi. Oleh seab itu, jauhi semua hal yang bisa mengganggu fokus atau konsentrasi Anda.

  • Menulis Ayat Untuk Mengurangi Kesalahan Tajwid dan Tanda Baca

Dalam proses belajar menghafal, tulis pula ayat-ayat yang ingin dihafal. Hal ini seperlu mengurangi kesalahan tajwid dan juga tanda baca. Tulis setidaknya sampai 7 kali pengulangan. Pertama-tama Anda bisa menulis sembari melihat atau membuka Alquran. Namun untuk pengulangan berikutnya lakukan tanpa membuka dan coba untuk mengingatnya. Tulis tanpa melihat sebanyak 7x sampai benar. Cara inilah yang sekiranya akan membantu menguatkan hafalan Anda.

  • Jangan Pindah Hafalan Sebelum Lancar

Sebelum merasa lacar hafal Alquran benar jangan pindah hafalan. Kuncinya jangan buru-buru membalik halaman. Pastikan lebih dulu bahwa Anda benar-benar sudah hafal. Seringkali seseorang terburu-buru membuka halaman lain yang ingin dihafalkan agar bisa menghafal banyak. Sifat yang terburu-buru ini sebenarnya malah membuat proses menghafal lebih lama. Alasannya lantaran hafalan tidak dikuatkan dari awal.

  • Waktu Terbaik Untuk Menghafal

Agar hafalan bisa melekat kuat pilih waktu terbaik untuk menghafal. Waktu-waktu subuh atau ba’da isya’ misalnya. Akan tetapi, waktu yang paling bagus untuk menghafal Alquran yaitu akhir sepertiga malam.

  • Biasakan Mendengar Murotal

Biasakan pula sering mendengar murotal yang melantunkan ayat-ayat yang Anda hafalkan. Cara ini cukup efektif seperlu menunjang proses belajar hafal Alquran.