Cara Belajar Bacaan Alquran Merdu

Donlod Belajar Nada Alquran Belajar Nada Ngaji Mp3 Belajar Suara Merdu Surah Yasin Cara Mengaji Merdu Dowload Tata Cara Belajar Ngaji Supaya Suara Merdu

Belajar Bacaan Alquran Merdu

Membaca bacaan Alquran merdu bisa dilatih. Membaca Alquran memang dianjurkan Terutama di waktu-waktu tertentu seperti sesaat sebelum waktu sholat subuh, setelah sholat subuh, dan sesudah sholat magrib. Ada banyak informasi dan pelajaran hidup yang bisa didapat dari Alquran.

Sebagai umat Islam sebaiknya bisa membaca Alquran. Akan lebih baik lagi bila bisa membaca dengan merdu. Seperti yang disebutkan sebelumnya, belajar membaca merdu bisa dilatih. Adapun berikut beberapa cara belajar bacaan Alquran bersuara merdu:

  • Menanamkan Hobi Senang Mendengar dan Membaca Alquran

Tanamkan hobi senang mendengar dan membaca Alquran. Hal ini bisa diawali dengan kesadaran diri untuk mendengarkan mp3 tartil sehari-hari. Mungkin akan terasa sulit di awal. Karena setiap niat baik memang ada saja halangan. Akan tetapi, lawan dengan keteguhan dan kesungguhan niat. Dengan membiasakan diri mendengarkan tartil, sekiranya Anda akan merasa senang mendengar dan membaca Alquran.

  • Mencari Pendamping Saat Membaca Alquran

Agar proses belajar bacaan Alquran merdu berjalan baik dan memberi hasil optimal, pastikan untuk didampingi oleh ahlinya. Dalam hal ini Anda bisa mencari pendamping guru mengaji. Sehingga Anda mendapat arahan dan bantuan untuk belajar beberapa lagu sehingga bisa membaca Alquran dengan suara merdu. Sebenarnya dengan adanya guru pendamping Anda sekalian bisa belajar bila memang masih ada pelafalan huruf hijaiyyah yang belum benar.

  • Belajar Variasi Nada dalam Melantunkan Ayat-Ayat Alquran.

Tahapan belajar membaca Alquran secara merdu berikutnya yaitu belajar variasi nada. Terutama variasi nada di dalam melantunkan ayat-ayat suci Alquran.

  • Pengulangan Belajar Membaca Alquran Suara Merdu Seusai Sholat

Belajar mengaji terlebih belajar membaca Alquran dengan suara merdu sebaiknya dilakukan berulang-ulang. Hal ini agar Anda mulai terbiasa. Lakukan pengulangan belajar membaca Alquran dengan suara merdu misal seusai sholat isya’. Belajar dengan terus diulang-ulang, terus-menerus, hingga pada akhirnya Anda bisa menguasai lantunan ayat Alquran yang dipelajari.

  • Belajar Mengatur Pernafasan Diafragma

Cara belajar bacaan Alquran merdu selanjutnya dengan belajar mengatur pernafasan diafragma. Dengan belajar pernafasan ini dapat melatih kenyaringan suara yang dikeluarkan. Bila rutin berlatih mula-mula suara nyaring yang terlalu melengking bisa dikendalikan hingga mendapat suara berat yang pas.

  • Rutin Berlatih Untuk Menguasai Perubahan Pita Suara

Untuk Anda yang masih dalam masa pertumbuhan, perlu pula menguasai perubahan pita suara. Pasalnya perubahan pita suara cukup berpengaruh pada lantunan. Selain rutin berlatih imbangi dengan pola makan sehat misal menjauhi makanan yang digoreng, pedas, rokok, minuman bersoda, dan mengurangi es.

Demikian beberapa cara belajar bacaan Alquran yang bisa Anda coba terapkan. Adapun kunci utama dari cara belajar di atas yaitu niat lurus dan kesungguhan untuk belajar. Jangan pernah malas atau berputus asa. Asal tekun berlatih dan belajar pasti pada akhirnya Anda bisa membaca bacaan Alquran merdu.

Download Mp3 Quran Variasi Download Video Belajar Tartil Berbagai Metode