Tips Agar Baca Alquran Merdu

Tempat Latihan Suara Bacaan Alquran

Tips Membaca Alquran

Baca Alquran merdu, bagaimana caranya? Semua orang yang dianugerahi suara oleh Allah SWT sejatinya dapat dimanfaatkan untuk baca Alquran. Hanya saja kualitas suara yang satu akan beda dengan lainnya. Satu poin pembeda yakni teknik yang digunakan.

Sebenarnya untuk belajar membaca Alquran secara merdu, kini banyak dibuka tempat latihan vokal. Akan tetapi, bisa pula berlatih sendiri. Kemampuan suara merdu bisa dilatih secara otodidak mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Melatih Pengucapan Huruf Hijaiyyah

Tips pertama awali dengan melatih pengucapan huruf hijaiyyah. Ucapkan satu per satu huruf hijaiyyah dengan baik, jelas, dan benas sesuai makhrojnya. Lanjutkan hingga pengucapan rangkaian kata sulit. Biasakan mulai dengan kecepatan rendah kemudian berlanjut dengan kecepatan lebih tinggi. Lakukan rutin sampai Anda lancar mengucapkan ayat-ayat suci Alquran baik pendek ataupun panjang.

  • Melatih Kekuatan Suara

Tips agar baca Alquran merdu selanjutnya melatih kekuatan suara. Kekuatan suara ini berkaitan langsung dengan pernafasan. Bila pernafasan Anda bagus, maka sekiranya memiliki kekuatan suara juga bagus. Dalam hal ini kekuatan suara bukan berarti suara keras seperti berteriak. Namun, kejelasan suara yang terdengar tetap jernih. Latihan kekuatan suara ini dapat Anda lakukan dengan meniup lilin dari jarak 1,5 meter sampai padam. Lakukan berulang setiap hari misal 20-30 kali hingga didapati power suara merdu.

  • Melatih Teknik Pernafasan

Pernafasan yang baik juga dibutuhkan dalam membaca Alquran. Teknik pernafasan perut menjadi salah satu teknik pernafasan yang paling efektif. Teknik ini bisa dikenali saat menarik nafas perut akan mengembung. Teknik pernafasan perut bisa dilatih dengan mengambil posisi duduk bersila atau berdiri. Usahakan agar punggung tegak lalu tarik nafas dalam-dalam. Hitung sampai 10 hitungan dan usahakan perut full mengembung. Lanjutkan dengan menahan nafas selama 10 detik atau sampai perut terasa keras. Keluarkan nafas perlahan dengan mengatur pengeluaran. Buka sedikit mulut lalu keluarkan perlahan selama 10 detik sembari membunyikan “aaaah”. Ulangi latihan menarik-menahan-mengeluarkan dengan penambahan durasi secara bertahap. Misalnya mulai dari 10 detik, menjadi 15 detik, 20 detik, dan seterusnya.

  • Melatih Teknik Vibrasi

Vibra yaitu membunyikan suara yang terjadi karena kontraksi di pita suara. Teknik vibrasi bisa dilatih dengan mencoba rileks. Baca Alquran merdu dengan lagu tetapi tidak perlu bersuara terlalu tinggi. Rasakan udara dan getaran yang mengalir. Fokus agar bisa mendapat vibrasi alunan pada bacaan Alquran secara natural.

  • Melatih Suara Tinggi

Level suara masing-masing orang berbeda. Adapun 3 oktaf merupakan range vokal standar untuk pembaca Alquran. Meski memang ada yang memiliki range vokal di atasnya. Lemaskan pita suara dengan mengucap “aaa”, “iii”, “uuu”, “ba” pada oktaf sesuai range vokal Anda. Rutin latihan. Gunakan satu lagu yang bisa membantu mencapai oktaf tertinggi Anda, lalu ulangi 3-4 kali. Latih pula nada tinggi untuk lagu yang lain. Lakukan sebaliknya untuk lagu agar mencapai oktaf terendah hingga bisa baca Alquran merdu.