Fadillah Hafidz Qur’an

Berbicara mengenai fadillah hafidz Qur’an berarti berbicara mengenai keunggulan dan manfaat dari apa yang telah Anda dapatkan dari hafalan ayat-ayat al-Qur’an. Seperti apa saja fadillah yang bisa Anda dapatkan dari menghafal Al-Qur’an? Simak paparannya berikut ini:

Menjadi bagian dari keluarga Allah

Seseorang yang membaca, kemudian menghafalkan ayat Al-Qur’an serta mengamalkan apa yang telah mereka dapatkan dari ayat Al-Qur’an tersebut maka mereka termasuk ke dalam keluarga Allah SWT. Hal tersebut tersirat dalam sebuah sabda Rosulullah SAW. Mengapa tidak, karena Islam dilahirkan untuk umat manusia agar mereka bisa ibadah kepada-Nya sesuai keinginan Allah bukan keinginan hawa nafsu manusia itu sendiri. Allah memberikan pedoman kehidupan yang luar biasa berupa Al-Qur’an oleh sebab itu mulailah diri kita semua bisa menargetkan hafidz Qur’an sejak dini.

Menjadi orang yang paling arif di Syurga

Rosulullah SAW pernah bersabda, bahwa seseorang yang membaca Al-Qur’an kemudian mereka menghafalkannya, lalu mengamalkannya dalam kehidupa sehari-hari secara baik dan benar, sehingga lingkungan bisa terbawa kepada arah kebaikan, maka mereka termasuk orang-orang yang arif diantara penghuni syurga yang lainnya.

Berhak menjadi imam dalam sholat

Seseorang yang pandai membaca Al-Qur’an adalah seseorang yang bisa menghafal ayat Al-Qur’an dengan baik, kemudian ia selalu mempraktekkannya dalam keseharaian sehingga berusaha untuk menjadi Al-Qur’an berjalan seperti Rosululla SAW, maka sangat pantas untuk bisa menjadi imam sholat suatu kaum, bahkan bukan sekedar imam sholat saja tetapi sebagai imamnya para kaum.

Disayangi Nabi Muhammad SAW

Seseorang yang mampu menghafal Al-Quran dengan baik dan benar kemudian mampu mengaplikasikan dalam kehidupannya untuk umat, maka menjadi salah satu orang yang disayang Rosulullah SAW. Seperti sabda Rosulullah SAW daripada Jabir Bin Abdullah, ketika itu ada dua orang sahabat yang gugur dalam perang uhud. Rosul bertanya kepada sahabat “siapa dari mereka berdua yang paling banyak hafalan Al-Qur’annya?” ketika ada yang menunjukkan kepada salah satunya, maka nabi mendahulukan mayat tersebut untuk masuk ke ling lahad.

Mendapatkan kesempatan untuk memberikan syafaat kepada keluarganya

Sabda Rosulullah SAW dari Ali Bin Abi Thalib mengatakan bahwa seseorang yang mampu membaca dan menghafal Al-Quran dengan baik, maka Allah akan memasukkannya ke dalam Syurga dan memberikan hak berupa syafaat (pertolongan) untuk sepuluh anggota keluarga hafizd Qur’an yang telah ditetapkan untuk masuk neraka.

Banyak sekali fadillah yang bisa Anda dapatkan ketika Anda bisa menjadi seorang hafidz Qur’an selain dari informasi di atas. Semoga dengan informasi sedikit tersebut, dapat menjadi sebuah acuan Anda untuk selalu istiqomah dalam hal menjalankan semua proses hafalan Qur’an yang pada akhirnya bisa dipergunakan untuk kehidupan sehari-hari seperti yang diajarkan nabi besar kita Muhammad SAW. Semoga ulasan tentang fadillah hafidz Qur’an ini dapat bermanfaat untuk Anda.