Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an

Berikut beberapa cara cepat menghafal Al-Qur’an yang bisa menjadi referensi untuk Anda:

Do’a

Sebelum kita memulai suatu pekerjaan yang baik, apalagi mencoba untuk menghafal dan mengamalkan isi dari Al-Qur’an, maka mulailah dengan do’a. Semoga Allah selalu memberikan karunia-Nya dan memberikan kemudahan serta kelancaran ketika kita hendak menghafal dan mengamalkan Al-Qur’an.

Niat

Niat adalah salah satu kegiatan untuk meresponsif otak dan fisik agar selaras, sehingga proses pelaksanaan menjadi lebih baik dan konsisten dalam hal menjalankannya. Yang menjadi dasar niat adalah untuk apa Anda ingin menghafalkan Al-Qur’an? Seberapa besar niat Anda untuk karena Allah bukan karena perihal lain.

Mengetahui fadilah dari hafidz Qur’an

Fadilah adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika Anda bisa menghafal Al-Quran. Cara ini adalah untuk membangkitkan semangat dalam hal melaksanakan kegiatan hafalan Al-Qur’an. Fadillah utama adalah pahami Al-Qur’an sebagai pedoman hidup yang pada akhirnya kita bisa mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian amalan untuk kehidupan sehari-hari kita semoga bisa bermanfaat dunia maupun akhirat.

Memiliki target

Cara untuk menghafal Al-Quran selanjutnya adalah memiliki target. Contohnya adalah seberapa lama waktu Anda akan bisa menghafal ayat Al-Qur’an, apakah itu dalam kurun waktu satu tahun, dua tahun, dan lain sebagainya. Ini menjadi salah satu tujuan dan pemicu untuk bisa konsisten selama waktu yang telah ditentukan.

Berbarengan dengan ibadah lainnya

Cara agar hafalan Al-Qur’an terus menempel pada hidup Anda adalah dengan cara berbarengan dengan ibadah lainnya. Mulai dari puasa, sholat sunnah seperti Dhuha, Tahajud, bersedekah, dan lain sebagainya. Semuanya dilakukan sesuai dengan sunnah Rosul, maka hafalan Anda akan berguna dan teraplikasi dengan baik sesuai anjuran Rosulullah SAW.

Lakukan hafalan setiap ayatnya berulang-ulang

Langkah berikutnya adalah kepada metodologinya, yaitu melakukan hafalan Al-Qur’an dengan langkah pengucapan ayat yang diulang-ulang. Dari hasil survey beberapa para hafidz Qur’an, yang paling mudah mereka lakukan adalah dengan cara mengulang ayat hingga 20 kali dalam satu hari, kemudian terkadang dipergunakan dalam setiap sholatnya.

Melakukan penggalan kalimat ketika satu ayat terasa panjang

Kemudian langkah yang mudahnya adalah melakukan penggalan kalimat dari satu ayat yang terasa panjang untuk Anda, kemudian ayat yang dipenggal tersebut diulang berkali-kali hingga Anda benar-benar memahaminya dan mengingatnya. Syukur jika setiap hafalan dibarengi dengan artinya, sehingga pemahaman Anda akan menjadikan semakin mudahnya untuk menghafal setiap ayat yang akan diingat.

Demikian cara menghafal Al-Quran yang bisa Anda coba lakukan di rumah, dalam setiap aktifitas Anda dan selalu aplikasikan hasil hafalan Al-Quran kepada kehidupan sehari-hari agar bisa bermanfaat untuk kehidupan dunia dan akhirat. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat untuk Anda.