Membaca al-Qur’an Dengan Semangat

Membaca Al-Qur’an akan bisa memberikan banyak kebaikan untuk diri kita. Jika Anda coba mendalami maksud 1 kebaikan akan dilipatgandakan menjadi 10 kebaikan yang ada di dalam HR. Tirmidzi, tentunya salah satunya adalah Anda akan memahami banyak hal tentang hidup sesuai pedoman yang telah Allah berikan yaitu Al-Qur’an. Dengan demikian kebaikan tersebut bisa Anda tularkan kepada lingkungan sekitar Anda baik untuk kebahagiaan dunia maupun akhirat. Berikut beberapa tips menarik untuk Anda agar semangat dalam membaca Al-Qur’an.

Niat awal untuk membaca Al-Qur’an

Niat adalah senjata utama untuk Anda bisa meningkatkan semangat dalam hal membaca Al-Qur’an. Karena dengan niat yang kuat pastinya keinginan untuk bisa membaca dan rajin dalam membaca Al-Qur’an akan konsisten dan terus berkembang menjadi lebih baik. Pertanyaannya sekarang adalah niat Anda untuk membaca Al-Qur’an seperti apa? Itulah yang menjadi banyak pertanyaan yang dimana hanya diri sendiri yang mampu menjawabnya. Karena terkadang niat karena manusia alias ingin dilihat orang lain atau karena gengsi melihat orang lain bisa menjadi semangat Anda untuk belajar membaca Al-Qur’an. Tetapi biasanya hal tersebut hanya timbul dalam waktu tertentu, tidak bisa abadi terkecuali Anda memulai dari saat ini memperkuat niat untuk membaca Al-Qur’an karena Allah, karena untuk bisa beribadah kepadaNya dengan baik dan benar. Jika ingin selalu konsisten untuk selalu semangat dalam membaca Al-Qur’an mulailah dengan niat segalanya karena Allah.

Tekad awal untuk membaca Al-Qur’an

Setelah kepada niat yang baik, maka mulailah dengan tekad yang kuat. Tekad adalah sebuah pelaksanaan dari hasil niat yang kuat, dengan demikian aplikasi yang Anda kerjakan untuk belajar membaca Al-Quran sudah terlihat berproses. Baik itu masih terbata-bata, ataupun kurang lancar, sedikit hampir kepada arah lancar, atau bahkan kepada tahap menghafal semuanya itu masuk ke dalam tekad. Oleh karena itu, jika niat Anda sudah kuat, jangan sebatas niat, tapi buktikan dengan tekad. Anda melakukan jadwal khusus untuk membaca Al-Quran di waktu sekian, dengan kurun waktu sekian, hal tersebut adalah tekad yang baik karena langsung kepada aplikasi bukan sekedar niat lalu diam.

Aplikasikan setelah membaca Al-Qur’an

Aplikasikan ilmu yang telah Anda pelajari ketika membaca Al-Qur’an, hal tersebut akan menjadi sebuah peningkat semangat, karena segala hal yang telah Anda pelajari bisa bermanfaat untuk Anda sendiri maupun lingkungan sekitarnya. Dengan adanya tujuan untuk bisa diaplikasikan, maka secara tidak langsung Anda sudah membuktikan diri sebagai muslim yang cerdas, pintar, dan taat. Apalagi jika aplikasi tersebut memperlihatkan diri sebagai seorang muslim yang bisa memberikan banyak keselamatan untuk semua umat, hal tersebut seperti contoh Rosulullah SAW.

Demikian tips menarik di atas berupa beberapa poin yang bisa membantu meningkatkan semangat Anda dalammembaca Al-Qur’an, semoga bermanfaat.