Yuk, Belajar Mengaji Dengan Tips Mudah Ini

Belajar Makhroj Huruf Hijaiyah Mp3 Mp 3 Setiap Huruf Hijayyah Pembelajaran Huruf Hijaiyah Mp3

Belajar mengaji dengan hanya membaca suatu huruf di dalam Al-Qur’an saja sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Kuncinya adalah tidak malas dan buatlah semua proses pembelajarannya menjadi menyenangkan. Mengingat huruf di dalam Al-Qur’an untuk pertama kalinya banyak yang mengatakan sulit, padahal jika di bandingkan dengan huruf latin, bagi yang baru belajar pun sama sulitnya. Karena inti dari mudahnya belajar adalah memahami maksudnya. Tetapi, jika kita sudah memahaminya, melihat sebentarpun pastinya akan mudah untuk membacanya. Ada beberapa hal yang menjadi dasar untuk bisa membaca Al-Qur’an, berikut paparannya:

Pengenalan huruf hijaiyah

Huruf hijaiyah adalah huruf Arab yang dipergunakan dalam kitab suci Al-Qur’an. Jumlah yang perlu Anda ketahui adalah 29 huruf, semuanya mesti Anda kenali dan pahami agar bisa membaca dengan baik dan benar kitab suci Al-Qur’an. Pengucapan setiap huruf tentunya mesti Anda pahami perbedaannya dari satu huruf dengan huruf yang lainnya, seperti kha, tsa, dzal, dan lain sebagainya. Kemudian setelah kepada tahap pemahaman bentuk dari huruf hijaiyah tersebut, maka Anda harus mengetahui juga ada huruf yang bisa disambung ada juga huruf yang memang sama sekali tidak bisa disambung. Dari tata cara belajar untuk mengucapkan huruf hijaiyah, Anda harus mengetahui juga makhraj-nya. Artinya Anda harus memahami bagaimana tempat keluarnya huruf-huruf tersebut.

Tanda Baca

Tanda baca di dalam tata cara belajar membaca Al-Qur’an sebutannya adalah harakat. Jika kita membahas jama dahulu, sebenarnya tidak ada istilah harakat, karena semuanya ayat Al-Qur’an ditulis tanpa adanya harakat dan biasa kita sebut sebagai huruf gundul. Tapi bagaimana kita bisa mengerti jika tanpa adanya harakat? Mudahnya begini, jika Anda seorang yang fasih dalam bahasa Indonesia, kemudian menerima sebuah sms dari seorang teman, pastinya sms tersebut adalah sms berupa singkatan-singkatan yang dimana huruf vokal sangatlah jarang dipergunakan. Tetapi Anda mengerti bukan? Itulah penjelasan untuk perbandingannya jika Anda mau memahaminya. Dikarenakan pemeluk agama Islam semakin meluas hingga di seluruh dunia, maka diadakah yang namanya harakat guna menghindari kesalahpahaman ayat Al-Qur’an.

Tajwid

Selain dari harakat, tajwid menjadi hal penting yang perlu Anda ketahui dan pahami dalam membaca kitab suci Al-Qur’an. Jika dibandingkan dengan pembelajaran bahasa Inggris, pastinya Anda harus memahami grammar bukan? Sama dengan membaca Al-Qur’an, ada istilah idzhar, kemudian ada istilah idgham, dan lain sebagainya, itu dianggap sebagai grammarnya bahasa Arab.

Latihan

Langkah selanjutnya adalah dengan latihan. Segalanya akan lebih mudah, segalanya akan lebih cepat dipahami, segalanya akan mudah bisa dikerjakan jika kita menikmati proses latihan. Ketika mulai mempelajari bacaannya, kemudian bahasanya, lalu dengan memahami artinya, maka secara tidak langsung pemahaman Anda akan lebih dalam dan bisa bermanfaat untuk aplikasi hidup sehari-hari sesuai maksud dari Al-Qur’an itu sendiri yaitu pedoman hidup manusia.

Demikian ulasan mengenai tips tahapan belajar mengaji agar lebih mudah dan menyenangkan, semoga bermanfaat.