Tips Belajar Membaca Al-Qur’an Agar Menyenangkan

Belajar membaca Al-qur’an pada dasarnya tidaklah sulit, yang membuat diri kita sulit adalah niat awal yang menjadikan daya fikir kita mendapatkan penolakan untuk bisa membaca secara lancar ayat suci Al-Qur’an. Padahal banyak hal yang luar biasa bisa Anda dapatkan ketika bisa membaca dan mengaplikasikan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, karena pedoman hidup ini akan bisa membawa kita menuju kebahagiaan dunia maupun akhirat. Berikut ini beberapa tips tentang cara belajar membaca Al-Qur’an agar bisa menyenangkan.

Memahami terlebih dahulu keutamaan belajar Al-Qur’an

Al-Qur’an adalah sebuah pedoman hidup yang bisa memberikan banyak kebaikan pada diri kita. Dari beberapa sumber website islam yang terpercaya, banyak sekali yang mengatakan bahwa membaca Al-Qur’an merupakan sebuah kegiatan laksana perdagangan yang tidak akan pernah merugi. Mengapa demikian? Sebab setiap ayat Al-Quran satu huruf saja Anda sudah bisa mendapatkan satu kebaikan yang akan dilipat gandakan menjadi 10 kebaikan. Banyak hadist yang memberikan penjelasan tentang keutamaan membaca ayat Al-Qur’an, salah satunya adalah HR. Tirmidzi. Kebaikan disini adalah Anda akan mengenal seperti apa langkah menjadi seorang muslim yang taat, sesuai dengan apa yang diinginkan Allah SWT dan telah tersirat di dalam Al-Qur’an.

Memahami kehidupan manusia segalanya untuk apa dan bagaimana

Setelah kita benar-benar memahami apa yang dimaksud dengan kebaikan tersebut, maka tips selanjutnya adalah Anda sebaiknya memahami kehidupan manusia, tugasnya manusia untuk hidup ini untuk apa dan bagaimana. Hal ini akan menjadi semangat Anda dalam meningkatkan nilai belajar membaca Al-Qur’an yang dimana ketika membaca dan memahami dengan benar, segala ilmu pengetahuannya bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Itulah salah satu hasil dari satu kebaikan yang dilipatgandakan menjadi 10 kebaikan, dimana Anda bisa mempraktekkan kebaikan sebagai seorang muslim untuk bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitar seperti contoh dakwah nabi besar kita Rosulullah SAW.

Melaksanakannya dengan ikhlas tanpa adanya sebuah beban apapun

Tips berikutnya adalah lakukan dengan ikhlas yakni melakukan kegiatan belajar membaca Al-Qur’an tanpa adanya maksud apapun, kecuali semuanya karena Allah semata. Melakukan ikhlas berarti Anda akan belajar membaca tanpa ingin diperlihatkan oleh banyak orang, tidak ingin bangga di hadapan banyak orang, dan tidak ingin mendapatkan imbalan apapun dari banyak orang. Semua murni hanya untuk Allah SWT. Karena dengan niat segala karena-Nya, walaupun Anda tidak tahu pun pastinya Allah menepati janji untuk memberikan balasan yang terbaik bagi hamba-Nya. Oleh karena itu, pastikan pelaksanaan belajar membaca Al-Qur’an di dasari dengan keingintahuan tentang ilmu pedoman hidup dunia dan akhirat segalanya murni tanpa beban dan tanpa pamrih.

Demikian tips belajar membaca Al-Qur’an agar menyenangkan, semangat, dan murni segalanya karena Allah, semoga bermanfaat.