6 Keuntungan Belajar Al-Quran

Apa Gunanya Belajar Al Quran Manfaat Belajar Al Quran

Apakah sampai saat ini Anda masih merasa malas untuk mulai belajar membaca dan mendalami Al-Quran? Jika Anda tidak ingin merasa menyesal nantinya setelah mengetahui sederet keuntungan yang disebut di bawah ini, maka mulai sekarang Anda harus mencoba untuk mempelajari Al-Quran. Belajar yang dimaksud di sini adalah dengan belajar membaca maupun belajar untuk memahami apa makna yang terkandung di dalamnya.

Manusia Yang Bersedia Untuk Belajar Al-Quran Adalah Sebaik-baiknya Manusia

Sebaik-baiknya manusia adalah orang yang bersedia untuk mempelajari Al-Quran kemudian bersedia untuk mengajarkannya kepada orang lain. Pasalnya, Al-Quran merupakan sumber ilmu yang paling mulia dan utama. Maka dari itu, seseorang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya adalah karakter orang yang terbaik ada di sisi Allah, Ta’ala.

Al-Quran Merupakan Sumber Sebaik-baik Ucapan

Imam Syafi’i beserta ulama yang lainnya berpendapat bahwa membaca dan mempelajari Al-Quran adalah bentuk dzikir yang paling utama. Maka dari itu, Al-Quran merupakan sumber sebaik-baiknya ucapan yang terucap melalui lafal huruf-huruf Al-Quran. Sehingga setiap huruf dalam Al-Quran yang dibaca dan dilantunkan oleh siapa pun menjadi ucapan yang baik didengarkan oleh orang lain serta menjadi sumber pahala karena menjalankan kebaikan untuk dirinya maupun orang-orang yang telah mendengarnya.

Fasih Membaca Al-Quran Bersama Malaikat

Orang yang mahir dalam membaca Al-Quran akan selalu bersama dengan para malaikat. Demikian halnya dengan orang-orang yang tersendat-sendat dalam membaca dan mempelajari Al-Quran tetap akan mendapatkan dua pahala. Dimana pahala yang didapatkannya tersebut merupakan hasil dari membaca Al-Quran, bahkan telah bersusah payah dalam membaca dan mempelajarinya.

Orang Yang Membaca Al-Quran Memiliki Keutamaan Luar Dalam

Orang-orang yang membaca sekaligus mempelajari Al-Quran di ibaratkan seperti buah utrujjah yang memiliki bagian luar beraroma wangi. Bukan hanya itu, di bagian dalamnya memiliki rasa yang manis. Penggambaran manis dalam diri seseorang ini adalah secara jiwa dan batin. Seperti yang dapat Anda lihat pada banyak orang yang rutin membaca dan memperdalam belajar Al-Quran, dalam kehidupan akan seakan terpancar cahaya kebaikan.

Al-Quran Memberikan Syafaat

Al-Quran merupakan sumber yang senantiasa mampu memberikan syafaat kepada pembacanya. Di sini syafaat Al-Quran dapat dirasakan dalam kehidupan maupun di akhirat. Allah menyebutkan janji tersebut dalam Al-Quran. Termasuk dapat ditemukan dalam sejumlah hadis. Terlebih lagi pada saat sudah mampu mempelajari makna-makna yang terkandung di dalamnya.

Ayat Al-Quran Harta Yang Paling Berharga

Tahukah Anda bahwa mempelajari Al-Quran merupakan kekayaan sekaligus investasi terbesar yang selalu kekal? Perlu Anda ketahui bahwa membaca satu hingga dua ayat Al-Quran disebutkan sangat baik dalam kehidupan seseorang, bahkan kebaikan tersebut melebihi dari sebatas memperoleh satu maupun dua ekor unta bertubuh besar. Sehingga mempelajari Al-Quran dapat menjadi investasi dan kekayaan paling berharga yang tidak akan pernah hilang, baik di dunia maupun akhirat.