Asal-Usul April Mop (April Fools’ Day)

Banyak teori yang diberikan tentang bagaimana tradisi ini bermulai. Sayangnya, tidak ada di antara berbagai teori tersebut yang konklusif, Pada akhirnya, asal-usul dari “kebiasaan berbohong di bulan April /April Mop” tetap menjadi sebuah misteri bagi kita, seperti sejak tahun 1708.

Teori yang paling populer mengenai asal-usul hari April Mop melibatkan masa reformasi kalendar Perancis pada abad ke-16 Masehi. Teorinya kira-kira seperti ini : pada tahun 1564 Perancis mereformasi kalendarnya, memajukan awal tahun dari akhir bulan Maret menjadi tanggal 1 Januari. Orang-orang yang ketinggalan perubahan tersebut dan secara keras kepala tetap berpegangan kepada sistem kalendar yang lama dan terus merayakan tahun baru pada minggu yang berada di antara 25 Maret dan 1 April, akhirnya dipermainkan oleh orang-orang. Orang yang berniat jahil kepada mereka secara sembunyi-sembunyi menempelkan kertas berbentuk ikan di punggung mereka. Korban dari kejahilan ini pada akhirnya disebut ‘poisson d’Avril’, atau April fish (yang pada akhirnya menjadi istilah di Perancis untuk April Mop), dan akhirnya tradisi tersebut lahir.

Yang lainnya mengatakan bahwa (kebiasaan, -pent) ini telah berlangsung jauh lebih lama sebelum waktu tersebut, yang dimulai pada zaman kuno sebagai bagian dari perayaan polytheist (penyembah berhala) pada tanggal tertentu di awal musim semi. Sebagian lainnya mengatakan bahwa (pada hari itu, -pent) memancing tidak menghasilkan ikan satu pun tangkapan pada hari pertama musim semi tersebut, dan akhirnya hal tersebut dibuat sebagai sebuah praktek (kebiasaan, -pent) pada awal bulan April.

Menurut legenda, Duke of Lorraine dan istrinya pernah dipenjarakan di Nantes. Mereka melarikan diri pada 1 April 1632 CE dengan menyamarkan diri mereka sebagai petani dan berjalan melalui pintu gerbang depan. Seseorang melihat mereka melarikan diri dan memberitahukan kepada para penjaga. Tapi para penjaga percaya peringatan tersebut adalah “poisson d’Avril” (atau lelucon April Mop) dan menertawakannya, sehingga memungkinkan bangsawan dan istrinya untuk melarikan diri.

“April’s fish” juga dikatakan karena gerakan matahari dari Pisces (Februari 20-Maret 20) menuju tanda (zodiak, -pent) berikutnya. Beberapa teori percaya bahwa penamaan ini setelah mengubah kata ‘passion (sebagai simbol bagi penyiksaan yang diderita Yesus) menjadi ‘poisson d’Avril’.

Cerita rakyat Inggris menghubungkan hari April Mop dengan kota Gotham, kota legenda orang-orang bodoh yang terletak di Nottinghamshire. Menurut legenda, adalah tradisi di abad ke-13 bahwa setiap jalan yang Raja injak menjadi milik umum. Jadi ketika warga Gotham mendengar bahwa Raja John berencana untuk bepergian melalui kota mereka, mereka menolak dia masuk, tidak ingin kehilangan jalan utama mereka. Ketika Raja mendengar ini, ia mengirim tentara ke kota. Tapi ketika tentara tiba di Gotham, mereka menemukan kota yang penuh orang gila yang terlibat dalam kegiatan bodoh seperti menggelamkan ikan atau berusaha untuk mengandangkan (menangkap, -pent) burung di atas pagar yang tidak memiliki atap. Perbuatan bodoh mereka semuanya hanyalah acting semata, tetapi Raja jatuh terkena tipuan mereka dan menyatakan kota tersebut terlalu bodoh untuk mendapat hukuman. Sejak itu, menurut legenda, April Mop diperingati untuk mengingatnya.

Kebohongan pertama pada tradisi ini tercatat di majalah Inggris. Edisi 2 April 1698, Dawks’s News-Letter (sebuah koran Inggris) melaporkan bahwa, “kemarin adalah hari pertama April, beberapa orang dikirim ke Tower Ditch untuk melihat singa dicuci.” Mengirimkan orang-orang yang mudah tertipu ke Menara London untuk melihat “pencucian singa” (upacara yang tidak sebetulnya tidak ada) adalah sebuah lelucon yang populer. Akhirnya menjadi tradisi untuk melakukan lelucon ini pada hari April Mop. Contoh-contoh untuk hal itu terjadi di tengah  abad kesembilan belas. Di abad ke  delapan belas referensi tertulis tentang April Mop menjadi banyak dan muncul di seluruh Eropa.

Salah satu insiden paling terkenal yang terjadi di Eropa pada tanggal 1 April adalah ketika koran Inggris, The Evening Star, mengumumkan pada Maret tahun 1746 CE bahwa pada hari berikutnya-1 April-akan ada parade keledai di Islington, Inggris. Orang-orang bergegas untuk melihat hewan-hewan ini dan ada kerumunan besar. Mereka terus menunggu dan ketika mereka bosan menunggu, mereka bertanya tentang kapan parade akan diadakan. Mereka tidak menemukan apa-apa, dan kemudian mereka akhirnya menyadari bahwa mereka telah datang untuk melakukan pameran dari diri mereka sendiri, seolah-olah mereka keledai!

Di atas adalah hanya untuk menunjukkan sejarah acara ini. Namun, tidaklah penting untuk mengetahui apakah sumber aslinya dan bagaimana hal itu bisa terjadi. Apa yang penting bagi kita adalah hukum yang terletak tenrang perayaan ini.

Praktek ini tentu saja tidak pernah ada di era kejayaan Islam, di mana kaum muslimin sangat menghargai hukum Islam dan dipegang dengan erat sebisa mungkin. Acara ini pasti tidak diinisiasi oleh kaum muslimin, tetapi sebaliknya, oleh musuh-musuh mereka.

Bagian yang disayangkan adalah bahwa banyak Muslim telah membuat praktek ini umum bagi mereka untuk berbohong kepada istri-istri mereka, teman atau kerabat dan menyebabkan mereka penuh duka dan menakut-nakuti mereka dengan berbaring (pura-pura mati, -pent) pada hari ini, mengklaim bahwa itu adalah hanya lelucon. Seringkali, orang meninggal sebagai akibat dari beberapa kebohongan ini karena serangan jantung atau menjadi lumpuh (karena kaget, -pent) dari dampak kebohongan mereka. Beberapa orang bahkan telah menceraikan istri-istri mereka dan orang lain mengatakan kedustaan tentang istri seorang laki-laki, sehingga sang suami membunuh istrinya.

Tidak ada akhir untuk cerita tragis yang terkait dengan hari ini. Satu-satunya cara supaya seseorang dapat menahan dirinya sendiri dari jatuh dalam kejahatan praktek (April Mop, -pent) ini adalah dengan mengingat syariat yang melarang berbohong bahkan dalam bercanda.

Diterjemahkan dari : islamweb.net/emainpage/index.php?page=articles&id=157646


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *