Tujuan Pernikahan (Ust. Khalid Basalamah)

Berapa Istri Khalid Basalamah Istri Istri Ustadz Khalid Basalamah Istri Khalid Basalamah Mualaf Profil Istri Ustadz Khalid Basalamah Wajah Istri Ustadz Khalid Basalamah

Penceramah: Ust. Dr. Khalid Basalamah, MA

Judul: Tujuan Pernikahan

Transkrip Ceramah

Pertama tujuan pernikahan itu adalah menjalankan perintah Allah dan Rasulnya, sebagaimana kata Nabi SAW, an-nikahu sunnati, fa man raghiba ‘an sunnati falaisa minni, nikah adalah bagian dari sunnahku, yang tidak mau melakukan sunnahku maka bukan dari golonganku. Tujuan pernikahan juga adalah ketenteraman, ketenteraman gitu kan. Jadi jangan nikah kalau tidak ada ketenteraman, sebagaimana Allah SWT jelaskan dalam banyak ayatnya gitu kan. Di antaranya ayat yang berbunyi, litaskunu ilaiha, potongan ayat mengatakan agar engkau merasa tenteram dengan pasanganmu itu. Jadi kalau tidak ada ketenteraman jangan dipertahankan. Dan salah satu yang membuat biasa ketenteraman rumah tangga tidak ada karena banyaknya orang membawa PR-PR ke rumah tangganya.

Rumah tangga itu adalah bahtera baru. Kita laki-laki sebagai nahkoda pimpinannya kita pakai baju baru. Istri kita juga adalah wakilnya, bukan staf di kapal, tapi wakil dia yang siap membantu, mendukung, apa pun yang dikerjakan oleh kapten. Jangan bawa barang rongsokan ke kapal, piring kotor, jangkar yang sudah rusak. Jadi kotor kapalnya, jangan. Ya tadi itu sifat-sifat buruk. Udah jelas orangnya tidak baik tetap dinikahi, tetap diterima nikahnya. Makanya itu tidak baik, gitu kan. Jadi harus cari ketenteraman.

Yang ketiga tujuan pernikahan adalah punya keturunan. Akhwat di belakang sana kalau ada yang mau nikah sama Anda lalu dia mengatakan, tapi saya mau nikah tapi saya nggak mau punya anak ya. Jangan diterima lamarannya langsung. Karena Allah SWT mengatakan dalam Al Quran, dalam ayat itu dikatakan, inti ayat itu ada potongan ayat mengatakan, banina wa hafada, artinya dari istri itu akan ada keturunan dan cucu, anak-anak dan cucu gitu kan, itu di antaranya. Jadi kalau tidak ada tujuan pernikahan ini maka jangan menikah. Itu penting untuk diketahui.

Istri Ustadz Khalid Basalamah Jumlah Istri Ustadz Khalid Basalamah Istri Ustadz Khalid Basalamah Mualaf Siapa Istri Ustadz Khalid Basalamah Istri Ustadz Khalid Basalamah Berapa

Abu Faqih

Penuntut ilmu syar'i dari kota kembang, Bandung, Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *