Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami, Adakah?

Ucapan Ulang Tahun Syari Ucapan Selamat Ulang Tahun Syari Tafsir Ayat Al Quran Tentang Memberi Selamat Ulang Tahun Ucapan Ulang Tqhun Sesuai Syari Ucapan Selamat Ultah Buat Sahabat Islami Syar

Selamat ulang tahun, kakak, … Selamat ulang tahun, Ibu, … Selamat ulang tahun, nenek, … Itu adalah kalimat yang biasa kita dengarkan dalam kehidupan ulang tahun, terutama pada saat seseorang sedang berada di tanggal yang sama dengan tanggal kelahitannya. Ya, itulah ucapan selamat ulang tahun. Ucapan ini biasa diucapkan kepada teman, saudara, kerabat, atau bahkan kepada lembaga (institusi) dan public figure. Kadang diucapkan juga dengan berbagai macam kalimat, seperti selamat ulang tahun, selamat hari lahir, HUT, anniversary, dan lain sebagainya.

Memang terdengar biasa saja, karena kita sudah sering mendengarnya. Bahkan kadang terdengar Islami jika kata “Ulang Tahun” diganti dengan kata “Milad” (selamat milad), akan tetapi yang jadi pertanyaan, apakah benar hal ini Islami? Mari kita teliti lebih lanjut.

Sejarah Ulang Tahun

Perayaan ulang tahun adalah sebuah tradisi ummat non-muslim. Tradisi ini dimulai dari zaman fir’aun, seperti disebutkan dalam bibel/injil:

Dan terjadilah pada hari ketiga, HARI KELAHIRAN Firaun, maka Firaun mengadakan perjamuan untuk semua pegawainya. Ia meninggikan kepala juru minuman dan kepala juru roti itu di tengah-tengah para pegawainya. [Injil ; Kejadian 40:20]

Selanjutnya tradisi ini lalu berlanjut ke zaman Yunani, Romawi, lalu dilakukan oleh orang-orang kristen. Kini perayaan ini dilakukan oleh ummat Islam juga di seluruh dunia.

Menyoal Ucapan Selamat Ulang Tahun

Dalam Islam, sebuah hari yang dirayakan dan diperingati secara berulang dinamakan sebagai ‘ied. Dan ummat Islam sudah diberi karunia tersendiri oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala berupa dua buah ‘ied, yaitu ‘iedul adha dan ‘iedul fithri. Ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits Nabi,

إن لكل قوم عيدا وهذا عيدنا

Setiap kaum memiliki Ied, dan hari ini (Iedul Fitri) adalah Ied kita (kaum Muslimin)” [HR. Bukhari-Muslim]

Dan ada lagi satu hari ‘ied yang berulang bagi ummat Islam, yaitu hari jum’at. Sehingga totalnya ummat Islam memiliki tiga hari ‘ied, yakni ‘iedul adha, ‘iedul fithri dan hari jum’at.

Karena merayakan ulang tahun sifatnya berulang, maka merayakan ulang tahun dianggap sebagai sebuah perayaan ‘ied (perayaan rutin tahunan) tersendiri yang keluar dari tiga ‘ied yang disebutkan di atas. Nah, jadi pertanyaannya adalah bagaimana hukumnya merayakan ‘ied selain tiga ‘ied di atas?

Hukumnya adalah tidak boleh karena ini adalah termasuk dalam larangan tasyabbuh (meniru-niru suatu kaum).

Dalilnya adalah sabda Nabi,

من تشبه بقوم فهو منهم

Orang yang meniru suatu kaum, ia seolah adalah bagian dari kaum tersebut” [HR. Abu Dawud, disahihkan oleh Ibnu Hibban]

Selain berdosa karena melakukan tasyabbuh (menyerupai orang kafir) dengan merayakan ulang tahun berarti kita telah mengikuti tradisi dan atau cara ibadah dari ummat non muslim, yang pada akhirnya akan membuat kecintaan kita kepada Islam dan kepada syari’at Islam akan memudar. Dan seperti kita tahu bersama bahwa penyerupaan dalam lahiriyah akan menghasilkan kecintaan secara batiniyah.

Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata,

أَنَّ الْمُشَابَهَةَ فِي الْأُمُورِ الظَّاهِرَةِ تُورِثُ تَنَاسُبًا وَتَشَابُهًا فِي الْأَخْلَاقِ وَالْأَعْمَالِ وَلِهَذَا نُهِينَا عَنْ مُشَابَهَةِ الْكُفَّارِ

Karenanya, ucapan selamat ulang tahun menurut Islam itu sejatinya tidaklah ada. Dan sudah sepantasnya bagi seorang muslim untuk menjauhi hal tersebut.

Referensi

http://www.huffingtonpost.com/2013/11/11/history-of-birthdays_n_4227366.html

http://www.historynet.com/when-did-people-start-celebrating-birthdays.htm

https://muslim.or.id/3793-sikap-yang-islami-menghadapi-hari-ulang-tahun.html

https://rumaysho.com/3076-mengikuti-gaya-orang-kafir-tasyabbuh.html

Ucapan Ulang Taun Syari Ucapan Selamat Hari Jadi Islam Untuk Kakak Ucapan Ultah Yang Syari Ucapan Ultah Syari Ucapan Ulang Tahun Menurut Syari,

Abu Faqih

Penuntut ilmu syar'i dari kota kembang, Bandung, Jawa Barat