Bacaan Do’a Setelah Wudhu Lafadz dan Terjemahnya

To Search Type And Hit Enter Aaaaaaaa Murottal Files.islamdownload.net Doa Penyerpuna Wudhu Dakwah Abdul Somad

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan umatnya untuk menyempurnakan wudhu walaupun dalam keadaan yang sulit. Meskipun dengan mengerjakan rukun wudhu saja, seorang yang berwudhu sudah bisa dikatakan sah wudhunya dan boleh untuk melakukan sholat. Akan tetapi menyempurnakannya dengan mengerjakan rukun dan sunah-sunahnya tentu lebih banyak mendatangkan pahala. Orang yang membaguskan wudhunya maka dosa-dosanya akan keluar seiring dengan tetesan air wudhu yang jatuh, sebagaimana diisyaratkan oleh baginda Nabi dalam sabdanya;

من توضأ فأحسن الوضوء خرجت خطاياه من جسده حتى تخرج من تحت أظفاره . رواه مسلم

“Barangsiapa yang berwudhu kemudian membaguskan wudhunya, dosa-dosanya akan keluar dari tubuhnya sampai-sampai menetes dari bawah kuku-kukunya.” (HR Muslim)

Bacaan Doa Setelah Wudhu

Begitu besar pahala bagi orang yang menyempurnakan wudhunya. Sebagai penyempurna setelah membasuh dan mencuci anggota wudhu, disyariatkan untuk membaca doa setelah wudhu. Adapun doa setelah wudhu yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah sebagai berikut :

أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله

ASYHADU ALLAA ILAHA ILLALLAAHU WAHDAHU LAA SYARIIKA LAH, WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN ‘ABDUHU WA RASULUH

Artinya : Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, dan Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hambaNya dan RasulNya.

Doa di atas berdasarkan hadits riwayat Umar bin Khattab radiyallahu’anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda;

“Tidaklah salah seorang dari kalian berwudhu, kemudian membaguskan wudhunya kemudian berdoa : ASYHADU ALLAA ILAHA ILLALLAAHU WAHDAHU LAA SYARIIKA LAH, WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN ‘ABDUHU WA RASULUH. Akan dibukakan untuknya pintu-pintu surga yang berjumlah delapan buah, dan bebas masuk dari pintu mana saja yang diinginkan.” (HR Muslim no. 234)

Ada riwayat lain sebagai tambahan atas doa yang sudah disebutkan di atas, bacaannya adalah seperti di bawah ini;

اللهم اجعلني من التوابين واجعلني من المتطهرين

ALLAAHUMMAJ’ALNII MINATTAWAABIIN WAJ’ALNII MINAL MUTATHOHHIRIIN

Artinya : Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang banyak bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bersuci[1].

Memang para ulama berbeda pendapat mengenai tambahan doa setelah wudhu yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidziy tersebut.  Tambahan ini dilemahkan oleh Ibnu Hajar al-Asqolani rahimahullah, beliau mengatakan,”Tambahan ini yang berasal dari riwayat Tirmidzi tidak sahih haditsnya[2].”

Akan tetapi riwayat itu dinyatakan sahih oleh Syaikh al-Albaniy dalam kitab Shahih at-Tirmidziy, begitu juga ditegaskan oleh Ibnu Qoyyim al-Jauziyah dalam kitab Zaadul Ma’ad bahwa riwayat tersebut sahih berasal dari nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Dan wallahu a’lam pendapat inilah yang kami pegang, bahwa tambahan riwayat tersebut diperbolehkan untuk dibaca. Sehingga bacaan doa setelah wudhu yang lengkap adalah;

أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله اللهم اجعلني من التوابين واجعلني من المتطهرين

ASYHADU ALLAA ILAHA ILLALLAAHU WAHDAHU LAA SYARIIKA LAH, WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN ‘ABDUHU WA RASULUH. ALLAAHUMMAJ’ALNII MINATTAWAABIIN WAJ’ALNII MINAL MUTATHOHHIRIIN.

Adapun bacaan doa yang dibaca ketika sedang membasuh anggota wudhu seperti muka, kepala, tangan, kaki, maka tidak ada yang sahih berasal dari nabi sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab al-Adzkar, beliau mengatakan,”Doa yang dibaca ketika membasuh anggota wudhu, tidak ada satu haditspun yang datang (berasal, ed) dari nabi shallallahu ‘alaihi wasallam[3].”

Shalat Dua Raka’at Setelah Wudhu

Di antara sunah yang banyak dilupakan oleh kaum Muslimin adalah shalat dua raka’at setelah melakukan wudhu. Hal inilah yang senantiasa diajaga oleh sahabat Bilal bin Rabah, sampai-sampai Rasulullah mendengar bunyi sandalnya di surga.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya kepada Bilal,”Wahai Bilal beritahukan kepadaku, amalan apakah yang paling kamu harapkan pahalanya dalam Islam (setelah amalan wajib, ed), karena aku mendengar bunyi kedua sandalmu di surga?”

Bilal menjawab,”Amalan yang paling aku harapkan pahalanya, yaitu tidaklah aku berwudhu pada siang hari atau malam hari, kecuali aku shalatnya setelahnya menurut apa yang ditakdirkan kepadaku[4].”

Inilah bacaan doa setelah wudhu yang berasal dari nabi shallallahu ‘alaihi wasallam yang harus kita hafalnya dan amalkan setelah selesai berwudhu, dan juga sholat dua raka’at sesudahnya. Dengan tujuan agar wudhu kita menjadi sempurna dan mendapatkan ampunan dosa-dosa yang keluar bersama dengan tetesan air wudhu di sela-sela kuku.

Catatan Kaki

[1] HR Tirmidziy 1/78 dan lihat Shahih at-Tirmidziy 1/18
[2] Al-Futuhan ar-Rabbaniyah 2/19
[3] Al-Adzkar hal. 30
[4] HR Bukhari no. 1149, Muslim no. 2458

Doa Tambahan Wudhu Doa Penyempurna Wudhu Menurut Bukhari Lafadz Doa Setelah Wudhu Mahir Zhein Muzammil Hasballah

Djati Purnomo

Alumni Pondok Pesantren Tunas Ilmu, Purbalingga. Saat ini sedang menempuh pendidikan di jurusan Ahwal Syakhsiyyah (Hukum Keluarga Islam) STDI Imam Syafi'i, Jember. Aktif menulis di buletin kampus dan blog pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *