KEUTAMAAN AYAT KURSI

Arti ?????? ???? Arti Dari Hadist ???? ??? ?? ???? ??? ???? Ayat Kursi Hadis ????? ??? ????? Hadis Junudun Janadah

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَن ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِندَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS. Al-Baqoroh : 255)

KEUTAMAAN AYAT KURSI

Ayat ini adalah ayat Kursi. Ayat yang mengandung sesuatu yang sangat agung. Terdapat sebuah hadits yang shohih dari Rosululloh saw yang menyebutkan bahwa ayat ini merupakan ayat yang paling utama dalam kitab Allah (Alquran).

Imam Ahmad meriwayatkan dari Ubay bin Ka’ab, bahwa Nabi Muhammad Sholallohu ‘alaihi wasalam  pernah bertanya kepadanya:

أي آية في كتاب الله أعظم ” ؟ قال : الله ورسوله أعلم . فرددها مرارا ثم قال أبي : آية الكرسي . قال : ” ليهنك العلم أبا المنذر ، والذي نفسي بيده إن لها لسانا وشفتين تقدس الملك عند ساق العرش

“Apakah ayat yang paling agung dalam kitab Allah?”, Ubay menjawab “Allah dan Rosul-Nya yang lebih mengetahui”. Maka Nabi Sholallohu ‘alaihi wasalam  mengulang-ngulang pertanyaan tersebut, dan kemudian Ubay bin Ka’ab menjawab, “Ayat Kursi”. Lalu beliau mengatakan, “Engkau akan dilelahkan oleh ilmu, hai Abu Mundzir. Demi Dzat yang jiwaku ditangan-Nya, sesungguhnya ayat kursi itu mempunyai satu lidah dari dua bibir yang senantiasa menyucikan Al-Malik (Allah) di sisi tiang ‘Arsy”.

Hadits ini juga diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam riwayat yang lain, tanpa ada tambahan kalimat :

والذي نفسي بيده إن لها لسانا وشفتين تقدس الملك عند ساق العرش

Demi Dzat yang jiwaku ditangan-Nya, sesungguhnya ayat kursi itu mempunyai satu lidah dari dua bibir yang senantiasa menyucikan Al-Malik (Allah) di sisi tiang ‘Arsy”.

Dalam hadits yang lain yang masih diriwayatkan oleh Ubay bin Ka’ab tentang keutamaan Ayat kursi, beliau berkata :

أن أباه أخبره : أنه كان له جرن فيه تمر قال : فكان أبي يتعاهده فوجده ينقص قال : فحرسه ذات ليلة فإذا هو بدابة شبيه الغلام المحتلم قال : فسلمت عليه فرد السلام . قال : فقلت : ما أنت ، جني أم إنسي ؟ قال : جني . قلت : ناولني يدك . قال : فناولني ، فإذا يد كلب وشعر كلب . فقلت : هكذا خلق الجن ؟ قال : لقد علمت الجن ما فيهم أشد مني ، قلت : فما حملك على ما صنعت ؟ قال : بلغني أنك رجل تحب الصدقة فأحببنا أن نصيب من طعامك . قال : فقال له فما الذي يجيرنا منكم ؟ قال : هذه الآية : آية الكرسي . ثم غدا إلى النبي صلى الله عليه وسلم فأخبره فقال النبي صلى الله عليه وسلم : ” صدق الخبيث ” .

Bahwasanya ayahnya memberitahukan bahwa suatu hari dia mempunyai gudang kurma, dia berkata,  Ubay selalu menjaga gudang tersebut hingga suatu hari mendapati kurmanya telah berkurang, maka diapun menjaga gudangnya pada suatu malam hingga dia mendapati ada seekor binatang yang mirip dengan anak kecil yang baru balig, maka dia mengucapkan salam kepadanya, dan diapun menjawab salamnya. Lalu ditanyalah dia “siapa kamu ini, bangsa jin atau manusia?”. Maka dia menjawab, “saya bangsa jin”. Maka aku berkata, “perlihatkan tanganmu”. Lalu dia memperlihatkan tangannya, maka aku dapati tangannya seperti tangan anjing dan berbulu anjing. Aku berkata “apakah begini wujud dari seorang jin?”. Dia menjawab “sungguh aku telah mengetahui bahwa diantara bangsa jin ada yang wujudnya lebih dari aku”, maka aku berkata, “apa sebabnya kamu melakukan perbuatan ini? (mencuri kurma)”, lalu dia menjawab, “sungguh telah sampai kepadaku berita bahwa engkau adalah seorang yang dermawan yang suka bersedekah, maka aku ingin mendapatkan bagian dari makananmu”. Maka dia berkata kepadanya, “apa upah yang akan engakau berikan padaku jika aku memberimu makananku?”. Maka dia menjawab, “ini ayat kursi”. Maka keesokan harinya aku berangkat menuju kediaman Rosululloh Sholallohu ‘alaihi wasalam  dan memberitahukan  tentang hal itu kepadanya, maka Nabi Sholallohu ‘alaihi wasalam  berkata “benar apa yang dikatakan jiin itu”.

Hadits ini juga diriwayatkan oleh Imam Al-Hakim dalam mustadroknya dari hadits Abu Daud dengan sanad yang shohih.

Imam Ahmad juga meriwayatkan hadits lain dari Abu dzar Jundun bin janadah, ia menceritakan :

أتيت النبي صلى الله عليه وسلم وهو في المسجد فجلست . فقال : ” يا أبا ذر هل صليت ؟ ” قلت : لا . قال : ” قم فصل ” قال : فقمت فصليت ثم جلست فقال : ” يا أبا ذر تعوذ بالله من شر شياطين الإنس والجن ” قال : قلت : يا رسول الله أوللإنس شياطين ؟ قال : ” نعم ” قال : قلت : يا رسول الله الصلاة ؟ قال : ” خير موضوع ، من شاء أقل ومن شاء أكثر ” . قال : قلت : يا رسول الله فالصوم ؟ قال : ” فرض مجزئ وعند الله مزيد ” قلت : يا رسول الله فالصدقة ؟ قال : ” أضعاف مضاعفة ” . قلت : يا رسول الله فأيها أفضل ؟ قال : ” جهد من مقل أو سر إلى فقير ” قلت : يا رسول الله أي الأنبياء كان أول ؟ قال : ” آدم ” قلت : يا رسول الله ونبي كان ؟ قال : ” نعم نبي مكلم ” قال : قلت : يا رسول الله كم المرسلون ؟ قال : ” ثلاثمائة وبضعة عشر جما غفيرا ” وقال مرة : ” وخمسة عشر ” قال : قلت : يا رسول الله أيما أنزل عليك أعظم ؟ قال : ” آية الكرسي :  الله لا إله إلا هو الحي القيوم

“aku pernah mendengar Rosululloh Sholallohu ‘alaihi wasalam  , ketika itu beliau sedang di masjid, lalu aku duduk maka beliau bertanya, ‘Hai Abu Dzar, apakah engkau sudah sholet?”. Abu Dzar menjawab, “belum”. Kemudia Roslulloh berkata “berdiri dan kerjakan sholat”. Kemudian, lanjut Abu Dzar, aku bangun dan mengerjakan sholat, setelah itu aku duduk lagi, kemudian beliau bertanya, “hai abu Dzar, berlindunglah kepada Allah dari kejahatan syaitan yang berwujud manusia dan jin”. Lalu kutanyakan; “Ya Rosululloh, apakah ada syaitan yang berwujud manusia?” Rosululloh Sholallohu ‘alaihi wasalam  menjawab, “Ya”. Lalu kutanyakan lagi; “Ya Rosululloh, apakah sholat itu?”. Beliau bersabda : “merupakan amalan yang paling bagus. Barangsiapa menghendaki boleh mengerjakan sedikit dan barangsiapa menghendaki boleh mengerjakan banyak”. Lebih lanjut kutanyakan; “kemudian apa itu puasa?”. Beliau menjawab, “suatu kewajiban yang berpahala dan di sisi Allah terdapat tambahan (pahala)”. Kutanyakan lagi, “lalu apa maksud dengan sedekah itu?”, beliau menjawab, “ibadah yang dilipatgandakan (pahalanya)”. Selanjutnya kutanyakan, “lalu mana diantara sedekah itu yang lebih baik?”. Beliau menjawab : “yaitu sedekah yang diberikan oleh orang yang sedikit hartanya atau sedekah yang diberikan secara sembunyi-sembunyi kepada orang miskin”. Kutanyakan lagi, “sipakah Nabi yang paling pertama?” beliau menjawab, “Adam”. Kutanyakan lagi, “nabi yang bagaimana ia itu?” beliau menjawab, “Ia adalah nabi yang diajak bicara (oleh Allah secara langsung)”. “Ya Rosululloh, berapakah Rosul yang diutus?” tanyaku. Beliau menjawab, “secara keseluruhan mereka berjumlah tiga ratus tiga belas lebih, suatu jumlah yang banyak”. Di lain kesempatan Nabi mengatakan, “mereka berjumlah tiga ratus limas belas orang”. Kutanyakan lagi, “Ya Rosululloh, ayat apa yang paling agung yang telah diturunkan padamu?”. Beliau menjawab, “Ayat kursi : Allah, tiada Ilah melainkan hanya Dia Yang maha hidup…..” (HR. Nasai)

Imam Bukhori juga meriwayatkan dalam kitabnya, Shohih bukhori pada bab Fadhoil al-Quran (keutamaan-keutamaan Al-Quran) dan juga dalam bab al-Wakalah, dari Abu hurairoh ra, ia menceritakan:

وكلني رسول الله صلى الله عليه وسلم بحفظ زكاة رمضان فأتاني آت فجعل يحثو من الطعام فأخذته وقلت : لأرفعنك إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم . قال : إني محتاج وعلي عيال ولي حاجة شديدة . قال : فخليت عنه . فأصبحت فقال النبي صلى الله عليه وسلم : ” يا أبا هريرة ما فعل أسيرك البارحة ؟ ” قال : قلت : يا رسول الله شكا حاجة شديدة وعيالا فرحمته وخليت سبيله . قال : ” أما إنه قد كذبك وسيعود ” فعرفت أنه سيعود لقول رسول الله صلى الله عليه وسلم : ” إنه سيعود ” فرصدته فجاء يحثو من الطعام فأخذته فقلت : لأرفعنك إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : دعني فإني محتاج وعلي عيال لا أعود . فرحمته وخليت سبيله فأصبحت فقال لي رسول الله صلى الله عليه وسلم : ” يا أبا هريرة ما فعل أسيرك البارحة ؟ ” قلت : يا رسول الله شكا حاجة وعيالا فرحمته فخليت سبيله . قال : ” أما إنه قد كذبك وسيعود ” فرصدته الثالثة فجاء يحثو من الطعام فأخذته فقلت : لأرفعنك إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم . وهذا آخر ثلاث مرات أنك تزعم أنك لا تعود ثم تعود . فقال : دعني أعلمك كلمات ينفعك الله بها . قلت : ما هن . قال : إذا أويت إلى فراشك فاقرأ آية الكرسي : ( الله لا إله إلا هو الحي القيوم ) حتى تختم الآية فإنك لن يزال عليك من الله حافظ ولا يقربك شيطان حتى تصبح . فخليت سبيله فأصبحت فقال لي رسول الله صلى الله عليه وسلم : ” ما فعل أسيرك البارحة ؟ ” قلت : يا رسول الله زعم أنه يعلمني كلمات ينفعني الله بها فخليت سبيله . قال : ” ما هي ؟ ” قال : قال لي : إذا أويت إلى فراشك فاقرأ آية الكرسي من أولها حتى تختم الآية : ( الله لا إله إلا هو الحي القيوم ) وقال لي : لن يزال عليك من الله حافظ ولا يقربك شيطان حتى تصبح . وكانوا أحرص شيء على الخير ، فقال النبي صلى الله عليه وسلم: ” أما إنه صدقك وهو كذوب . تعلم من تخاطب مذ ثلاث ليال يا أبا هريرة ؟ ” قلت : لا قال : ” ذاك شيطان ” .

“Rosululloh Sholallohu ‘alaihi wasalam  pernah memberiku tugas untuk menjaga zakat bulan Ramadhan. Lalu ada seseorang yang mendatangiku seraya mencuri makan, maka akupun segera menangkapnya seraya ku katakan, “aku akan laporkan kamu kepada rosululloh Sholallohu ‘alaihi wasalam ”. Orang itu berkata, “biarkan aku mengambilnya, sesungguhnya aku membutuhkannya untuk menanggung keluargaku yang banyak, dan aku punya keperluan yang sangat mendesak”, Abu Hurairoh melanjutkan  ceritanya, “kemudian aku membiarkannya, hingga pada keesokan harinya, Rosululloh Sholallohu ‘alaihi wasalam berkata, “Hai Abu Hurairoh apa yang dikerjakan tawananmu tadi malam?”. Aku menjawab, “Ya Rosululloh ia mengadukan kebutuhannya yang sangat mendesak dan keluarganya yang sangat banyak, maka aku merasa kasihan kepadanya dan aku biarkan ia pergi”. Beliau bersabda, “sesungguhnya ia telah membohongimu dan dia akan kembali”. Aku tahu bahwa orang tadi akan kembali berdasarkan sabda Rosululloh Sholallohu ‘alaihi wasalam  “bahwa ia akan kembali”. Kemudian akupun mengintainya. Ternyata ia datang dan mencuri makanan, lalu aku menangkapnya kembali dan ku katakan, “Aku akan laporkan kamu kepada Rosululloh”. Maka orang itu pun berkata, “biarkanlah aku mengambilnya, sesungguhnya aku benar-benar terdesak  oleh kebutuhanku dan tanggungan keluargaku, aku tidak akan kembali”. Maka akupun kasihan dan membiarkan ia pergi. Dan pada keesokan harinya, Rosululloh Sholallohu ‘alaihi wasalam  berkata kepadaku, “Hai Abu Hurairoh, apa yang dikerjakan tawananmu tadi malam?”. Aku menjawab,” Ya Rosululloh dia mengadukan kebutuhannya yang sangat mendesak dan keluarganya yang banyak. Maka aku merasa kasihan kepadanya dan aku biarkan dia pergi”. Beliau bersabda kembali, “sesungguhnya dia telah membohongimu dan dia akan kembali”. Selanjutnya aku mengintainya untuk yang ketiga kalinya. Dan ternyata dia dating lagi mencuri makanan lagi. Lalu aku menangkapnya kembali dan ku katakan, “Aku akan melaporkan kamu kepada Rosululloh , dan ini adalah yang ke tiga kalinya dan engkau telah berjanji untuk tidak kembali, ternyata engkau kembali”. Kemudian orang tersebut berucap, “lepaskanlah aku, maka aku akan mengajarkan kepadamu beberapa kalimat, yang dengannya Allah akan memberi manfaat kepadamu,  aku bertanya, “apa kalimat-kalimat itu”. Maka dia menjawab, “apabila kamu hendak beranjak tidur, maka bacalah

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ  (ayat kursi), niscaya akan senantiasa ada perlindungan Allah bagimu dan engkau  tidak akan didatangi syetan hingga pagi hari tiba”. –para sahabat adalah orang yang sangat bersemangat dalam kebaikan-,maka Rosululloh Sholallohu ‘alaihi wasalam  bersabda, “sesungguhnya ia telah berkata benar, padahal dia seorang pendusta”.  Tahukah engkau hai Abu Hurairoh siapa yang engkau ajak bicara selama tiga malam tersebut?” aku menjawab, “aku tidak tahu”. Beliau bersabda, “ia adalah syaiton”.

Dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh imam al-Hakim dari Abu hurairoh, bahwasanya Rosululloh Sholallohu ‘alaihi wasalam  bersabda :

سورة البقرة فيها آية سيدة آي القرآن لا تقرأ في بيت فيه شيطان إلا خرج منه ! آية الكرسي

Dalm surat al-Baqoroh ada ayat yang merupakan ratunya semua ayat Alquran, yang tidaklah ayat tersebut dibacakan di dalam rumah yang ada syaitannya kecuali dia akan keluar dari rumah tersebut, yaitu Ayat Kursi.

Masih banyak hadits-hadits lainnya yang menyebutkan keutamaan dari ayat kursi, untuk lebih lengkapnya bisa dilihat dalam kitab tafsir Ibnu Katsir yang memuat riwayat-riwayat tentang keutamaan ayat kursi ini.

Keutamaan Mengulang Ngulang Ayat Makna Hadis ?? ??? ?? ???? ???? ????

Uus Suhendrik, Lc

Ust. Uus Suhendrik, Lc, alumnus fakultas syari’ah Jami’ah al-Imam Muhammad bin Su’ud cabang Jakarta (LIPIA) tahun 2013-2014