Bacaan Do’a Sholat Dhuha dan Artinya

Bacaan Surat Yang Artinya Jika Jauh Dekatkanlah Arti Surat Jika Ada Di Atas Langit Turunkanlah Arti Dari Ya Allah Jika Rezeki Kami Ada Dilangit Turunkanlah Surat Tentang Rezeki Turunkanlah Ya Allah, Jika Rizki Kami Ada Di Langit Maka Turunkanlah

Shalat dhuha adalah salah satu shalat sunnah yang disarankan untuk dilakukan oleh setiap muslim. Di antaranya dikarenakan adanya hadits-hadits yang menerangkan tentang keutamaan shalat dhuha jika dilakukan oleh seorang muslim, seperti:

« مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِى جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ ». قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ

Barangsiapa yang melaksanakan shalat shubuh secara berjama’ah lalu ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan shalat dua raka’at, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh.” Beliau pun bersabda, “Pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna.” [HR. Tirmidzi no. 586. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan] [rumaysho]

Secara umum shalat dhuha bisa dikerjakan dengan bilangan raka’at bebas. Minimal 2 raka’at dan maksimal hingga 12 raka’at. Pengerjaannya dilakukan sendiri dan tidak berjama’ah. Dan seperti shalat sunnah pada umumnya, dikerjakan di rumah lebih utama dibandingkan dengan dikerjakan di masjid.

Lafadz Do’a Sholat Dhuha

Terkait shalat dhuha, ada sebuah do’a yang populer di masyarakat kita dengan sebutan do’a setelah sholat, lafadznya:

اَللّهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَائُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَاءِ فَاَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَاَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسِّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ اَتِنِى مَااَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi, maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh.”

Makna Do’a Shalat Dhuha

Dari sisi makna do’a shalat dhuha, terlihat cukup bagus. Di dalamnya kita memuji Allah, mengakui kebesaran Allah, dan seterusnya. Lalu disambung dengan meminta turunnya rezeki dari langit dan munculnya rezeki dari bumi, di mana hanya Allah yang bisa memberikan rezeki kepada kita semua.

Hukum Bacaan Do’a Shalat Dhuha

Kami mencoba mencari beberapa referensi tentang bacaan shalat dhuha ini, dan sejauh yang kami dapatkan ternyata do’a ini tidak ada asalnya. Salah satunya seperti yang dikutip di website rumaysho, penjelasan Syaikh Dr. Abdullah al-Faqih bahwa do’a tersebut bukan berasal dari Nabi.

Pada dasarnya do’a adalah ibadah yang tempat, lafadz dan waktunya bebas, akan tetapi mengaitkan dengan waktu, lafadz dan tempat tertentu memerlukan dalil. Dan karena tidak ada dalil yg shahih tentang do’a setelah shalat dhuha, sebaiknya do’a di atas tidak dibaca, karena khawatir termasuk dalam membuat tata cara ibadah tersendiri.

Sebagai gantinya, jika setelah selesai shalat dhuha Anda ingin berdo’a (karena ingin dan bukan karena dikaitkan dengan shalat dhuha), berdo’alah dengan do’a lainnya, bebas lafadznya.

Jika bingung dengan lafadz do’a yg baik, bisa dicoba download buku Hishnul Muslim yang berisikan kumpulan do’a yang shahih berasal dari Nabi (gratis). Di sana ada banyak contoh lafadz do’a yang baik dan shahih berasal dari Nabi.

Sebaik-baik do’a adalah do’a yang dicontohkan oleh Nabi, maka ikuti contoh do’a yang diajarkan Nabi.

Bacaan Arab Ya Allah Jika Rejekiku Dilangit Turunkanlah Doa Jika Rezkiku Di Langit Maka Turunkanlaj Jika Rizki Ku Jauh Dekatkan Lah Bahasa Arab Dekatkanlah Dengan Hukum Bacaan Bila Rzki Ku Di Atas Maka Turun Kan Lah

Abu Faqih

Penuntut ilmu syar'i dari kota kembang, Bandung, Jawa Barat