Bacaan Do’a Tahajud Lafadz dan Terjemahnya

Terjemah Doa Tahjud

Sholat tahajud adalah sholat yang dilakukan pada malam hari dan berakhir ketika masuk waktu sholat subuh. Paling afdhal dilakukan setelah bangun dari tidur pada sepertiga malam yang terakhir. Setelah selesai melakukan sholat, hendaknya kita berdoa dengan doa yang diriwayatkan oleh Nabi Muhammad shallalahu’alaihiwasallam di bawah ini, kemudian dilanjutkan dengan membaca doa lain yang kita inginkan.

Doa Sholat Tahajud dan Artinya

اللَّهُمَّ لَكَ الحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ، وَلَكَ الحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ، وَلَكَ الحَمْدُ أَنْتَ نُورُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ، وَلَكَ الحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ، وَلَكَ الحَمْدُ أَنْتَ الحَقُّ وَوَعْدُكَ الحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ، وَقَوْلُكَ حَقٌّ، وَالجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ، فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ المُقَدِّمُ، وَأَنْتَ المُؤَخِّرُ، لاَ إِلَهَ إِلَّا وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلَّا بِالله

ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WAN NAARU HAQQUN, WAN NABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WAS SAA’ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QODDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRORTU, WA MAA A’LANTU, WA MAA ANTA A’LAMU BIHI MINNII. ANTAL MUQODDIMU, WA ANTAL MU’AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Artinya :

“Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah pengatur langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala pujian. Engkaulah penguasa langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala pujian. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala pujian. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad shallallahu’alaihiwasallam itu benar, dan hari kiamat itu benar (ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya karenaMu lah aku menghadapi musuh-musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Hukum dan Penjelasan Doa

Doa tersebut shahih, diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam kitab shahihnya dari sahabat Ibnu Abbas radiyallahu’anhu, dalam bab “كتاب التهجد باب التهجد بالليل وقوله عز وجل ومن الليل فتهجد به نافلة لك”.

Berisi banyak pujian dan sanjungan kepada Allah Tabaraka wa Ta’ala. Serta berisi ketundukan kita kepada Allah dan hukum-hukumNya. Memang sebagai seorang hamba kita harus banyak memuji Allah sehingga Allah berkenan untuk mengabulkan keinginan dan segala hajat yang kita perlukan. Kemudian juga kita harus berserah diri dengan segala ketentuan Allah Tabaraka wa Ta’ala. Inilah kunci dikabulkannya doa.

Keutamaan Sholat Tahajud dan Anjuran Melaksanakannya

Banyak ayat-ayat al-Qur’an dan hadits yang menunjukkan keutamaan melaksanakan sholat tahajud. Bahkan secara tegas Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan nabi Muhammad shallallahu’alaihiwasallam untuk berdiri sholat di waktu malam. Allah Tabaraka Wa Ta’ala berfirman:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ

“Dan pada sebagian malam hari shalat Tahajjud-lah kamu….” [QS al-Isra’ : 79]

وَاذْكُرِ اسْمَ رَبِّكَ بُكْرَةً وَأَصِيلًا وَمِنَ اللَّيْلِ فَاسْجُدْ لَهُ وَسَبِّحْهُ لَيْلًا طَوِيلًا

“Sebutlah nama Rabb-mu pada (waktu) pagi dan petang. Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang di malam hari.” [QS al-Insan : 25-26]

Sholat tahajud adalah syiarnya orang-orang sholeh, lambung jauh dari tempat tidurnya ketika malam hari. Mereka melakukan sholat dan banyak memohon ampunan kepada Allah ta’ala atas dosa-dosa yang sudah dilakukannya sepanjang hari. Yang paling utama dalam hal ini tentu saja Nabi kita, beliau melaksanakan sholat malam sampai kaki beliau bengkak karena saking lamanya berdiri. Adapun keutamaan sholat tahajud berdasarkan riwayat yang shahih adalah sebagai berikut :

  1. Sholat yang paling utama setelah shalat wajib

Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam bersabda,”Sholat yang paling utama setelah sholat wajib adalah sholat malam.” [HR Muslim]

  1. Waktu mustajab terkabulnya doa

Selain itu, waktu sepertiga malam adalah waktu yang mustajab terkabulnya doa. Perbanyaklah berdoa ketika selesai mengerjakan sholat tahajud.

Dari Jabir bin Abdullah Radhiyallahu’anhu ia bertutur, aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ فِي اللَّيْلِ لَسَاعَـةً، لاَ يُوَافِقُهَا رَجُـلٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللهَ خَيْرًا مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ، وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ.

“Sesungguhnya di malam hari terdapat waktu tertentu, yang bila seorang muslim memohon kepada Allah dari kebaikan dunia dan akhirat pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan kepadanya, dan hal tersebut ada di setiap malam.”[HR Muslim]

Imam Nawawi rahimahullah dalam kitab Syarah Shahih Muslim mengatakan, “Hadits ini menunjukkan adanya waktu terkabulnya do’a pada setiap malam, dan juga mengandung motivasi untuk selalu berdo’a di sepanjang waktu malam, agar mendapatkan waktu mustajab tersebut.”

Masih banyak keutamaan sholat tahajud yang lain, akan tetapi kami cukupkan dua saja. Pembaca dapat mengetahui keutamaan yang lain dengan membaca buku atau artikel yang berkaitan dengan sholat tahajud.

Djati Purnomo

Alumni Pondok Pesantren Tunas Ilmu, Purbalingga. Saat ini sedang menempuh pendidikan di jurusan Ahwal Syakhsiyyah (Hukum Keluarga Islam) STDI Imam Syafi'i, Jember. Aktif menulis di buletin kampus dan blog pribadi.