Hukum Rokok, Haram atau Makruh?

Hukum Rokok Menurut Khalid Basalamah Hukum Rokok Menurut Ustad Khalid Basamalah Rokok Haram Khalid Basalamah Downlod Ceramah 1 Jam Hukum Rokok Ustad Khalid Basalamah Hukun Rokok Haram Khalid Basamalah

 

Dijawab oleh: Ustadz Dr. Khalid Basalamah, alumnus Universitas Islam Madinah, penasehat Wesal TV Indonesia

Judul Video: Mengapa Hukum Rokok (Merokok) Ada Kata Haram dan Makruh?

Transkrip Jawaban

Mengapa hukum rokok ada yang bilang makruh, ada yang bilang haram? Mana yang benar? Menurut Anda kira-kira gimana coba? Begini, saya pernah ceritakan itu hari, ada seorang guru di Saudi, saya ingatkan kembali, berdialog sama seorang syaikh. Syaikhnya dibilangin sama guru ini, guru sekolah ya, artinya berpendidikan, dia bilang, syaikh kenapa anda mengatakan merokok itu haram? Apa sebabnya? Kata syaikhnya- sementara dalam Al Quran tidak ada dalil menyebutkan rokok secara khusus, nggak ada, kenapa harus dibilang haram? Kata syaikhnya, kau makan apel? Dia bilang iya. Kau makan jeruk? Iya. Baik, ada nggak disebut dalam Al Quran apel sama jeruk? Dia bilang tidak ada. Baik, itu tidak ada tapi boleh dimakan, kenapa? Karena masuk dalam umumnya firman Allah, Allah menghalalkan semua yang baik-baik dan Allah mengharamkan yang khabaits, yang buruk, gitu kan. Jadi ulama mengeluarkan kaidah semua yang baik maka halal, semua yang buruk maka haram. Semua yang haram itu pasti berefek tidak baik gitu kan.

Lalu dia bilang, tapi saya setahu saya tidak buruk karena saya merasa nyaman-nyaman saja gitu kan, saya merokok, saya percaya diri, saya nggak ada masalah, ya orang mau mengatakan badan saya bau, baju saya bau, mulut saya bau, itu perkataan dia, tapi saya merasa nyaman-nyaman saja nggak ada masalah, gitu kan. Berarti bisa saja saya katakan thayyibat, berarti baik ini buat saya. Dari mana tolak ukurnya ini baik atau buruk? Kata syaikhnya, baik kalau kau mau lebih dalam lagi, sekarang saya tanya, kata syaikh, kalau kamu pulang ke rumah habis ngajar kamu temukan istri kamu lagi pegang rokok, anak kamu lagi pegang rokok, kamu biarin atau kamu larang? Kata gurunya ini, saya larang syaikh. Kenapa kau larang? Dia bilang karena itu tidak baik. Nah ini masuk dalam jawaban kamu sendiri. Kalau baik kamu biarin, biarin mereka merokok, beliin kalau perlu, sama-sama rokok ngepul di situ gitu kan. Tapi nggak ternyata, gitu kan. Jadi lebih baik ditinggalkan gitu, jadi jangan berdalih. Kalau salah dan tetap dilakukan, akui kesalahan, itu poin penting. Ini nggak, sudah salah membela, ini masalah ini. Nggak boleh. Jadi terus-menerus.
Kadang-kadang subhanallah ada orang juga supaya dia tetap dalam mempertahankan kesalahannya mencari orang yang lebih buruk, gitu kan. Ada pernah orang bilang sama saya, ustadz saya baik ustadz, shalat saya saya masih jaga shalat maghrib, teman saya ada yang tidak shalat sama sekali. Jadi patokannya yang lebih buruk, supaya yang dia tinggalin 4 waktu shalat itu mending nggak apa-apa gitu. Bukannya dilihat orang yang shalat lebih banyak, ini nggak boleh sebenarnya, gitu kan. Wallahualam.

Jadi kalau kita lihat kalau dikatakan memang kategori ulama di Indonesia, kalau di Timur Tengah saya nggak pernah temukan ada ulama menghalalkan rokok, di Indonesia ini karena kyai kita terlalu murah gelarnya, akhirnya kyai anaknya jadi kyai bisa ceramah berapa kali, atau pulang haji jadi kyai juga, ini luar biasa ini. Saya mohon maaf, bukan menyombongkan diri sama sekali, saya subhanallah berapa kali ketemu dengan orang-orang kyai, kyai ini saya kalau ketemu subhanallah seperti kalau antum apa namanya ahli listrik misalnya ya. Kemudian ada orang datang ngobrol masalah listrik dia nggak ngerti. Misalnya ni listrik gini ni ini harus dipasang begini jaringannya begini, terus dia bilang nggak, harus begini. Tapi dia salah jelas, antum pastikan teorinya benar. Salah ini orang. Kita akan bilang kok ngawur ini orang ngomong. Subhanallah, di kalangan dakwah ceramah penceramah pun begitu. Saya heran dari mana gelar-gelar kyai bisa didapatin gitu. Baca ayatnya salah, hadistnya dikarang-karang, waduh banyak sekali sudah kesalahan. Cerita dongengnya sudah tidak masuk di akal, orang yang mati bisa hidup kembali, ini dari langit, ini macam-macam, yang tidak masuk di akal. Ini dari mana orang ini ni gitu, dari mana asal muasalnya bisa muncul gitu. Belum lagi yang sunnah Nabi SAW dari yang kukunya panjang, yang istri nggak pakai jilbab, yang-, luar biasa.

Makanya kata ulama kalau kau mau melihat seorang alim, kau akan temukan kealiman itu pada diri dan keluarganya. Memang ada ciri di situ, istrinya, anaknya, memang ada ciri kealiman di situ, ada ilm, alim kan termasuk dari ilm ya, ada pengetahuan agama pada diri mereka. Kalau nggak gitu. Ada teman saya subhanallah bawa undangan pernikahan, tamatan Mesir. Waktu itu di kota Makassar. Perkawinan saya nggak hadir, nggak sempat hadir gitu. Kemudian dia datang setelah itu berkunjung ke rumah saya gitu kan, datang ada satu perempuan bersama dia rok pendek. Lalu kemudian, ini tamatan Mesir dan LC gitu. Jadi akhirnya saya ngobrol-ngobrol sama dia, ahlan nakhibaik gini gini. Saya tahunya selama ini orangnya-. Memang teman-teman ini, semoga Allah berikan hidayah, malas sekali terjun di dakwah gitu. Jadi mereka pulang mereka sibuk dengan bisnis, tapi dakwah dilupain, akhirnya tidak tidak terbentuklah pribadi untuk berdakwah, intinya begitu. Terus saya bilang mana harim antum? Harim itu istri ya. Wah ini. Dia dengan malu nunjuk, ni di sebelah gitu. Istri antum ini? Masya allah, semoga Allah kasih hidayah ya. Jadi bisa-, kenapa nggak nikah dengan wanita yang berjilbab, banyak kasihan ngantri gitu kan. Ngapain harus ngambil orang yang tidak-. Sudah, jadi PR lagi ya, tapi wallahualam, ya masing-masing orang punya cara ya.

Jadi kalau kita temukan teman-teman kita yang bergelar kyai ini yang memakruhkan rokok, karena dia masih merokok gitu kan. Memang begitu.

Kesimpulan Jawaban

Rokok hukumnya adalah haram karena merusak tubuh dan masuk larangan untuk merusak diri sendiri dan orang lain.

Referensi Lanjutan

Untuk informasi lebih lanjut tentang haramnya rokok, silakan ikuti link-link berikut ini,

https://konsultasisyariah.com/13753-hukum-rokok-dalam-islam.html

https://rumaysho.com/1971-jika-rokok-haram-siapa-yang-akan-hidupi-petani.html

https://almanhaj.or.id/263-hukum-merokok-menurut-syariat.html

https://www.firanda.com/index.php/artikel/fiqh/445-ajaran-ajaran-madzhab-syafi-i-yang-dilanggar-oleh-sebagian-pengikutnya-4-haramnya-rokok

https://muslim.or.id/24320-video-hukum-rokok.html

Haram Rokok Khalid Basamalah Ceramah Makruh Ustadz Khalid Basalamah Dalil Rokok Haram Haramnya Roko Menurut Khalid Basalamah Download Ustad Yang Ceramah Menceritakan Tentang Roko

Abu Faqih

Penuntut ilmu syar'i dari kota kembang, Bandung, Jawa Barat