Tafsir Surat Al-Qur’an Pilihan

Menjadi seorang muslim tidak hanya dilakukan dengan mengikrarkan dua kalimat syahadat saja. Sudah sepatutnya seorang muslim menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi laranganNya sebagaimana telah dituliskan di kitab suci Al-Quran. Selain mengucapkan dua kalimat syahadat secara lisan, seorang muslim sudah selayaknya mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari dan mengakui dengan sungguh-sungguh di dalam hati. Tentu saja, keberadaan Al-Quran adalah sebagai pegangan umat manusia dalam menjalankan perintah Allah SWT di muka bumi ini.

Al-Quran diturunkan di Arab sehingga huruf dan bacaannya pun menggunakan Bahasa Arab. Bagaimana kita yang bukan orang Arab menjadi umat muslim yang baik dan memahami setiap hal yang ada di dalam Al-Quran? Jika kita tidak memahami isi Al-Quran dengan sungguh-sungguh, bagaimana bisa kita menjadi umat yang taat? Penting hukumnya untuk menuntut ilmu sebelum mendakwahkan kebaikan dan kewajiban yang terkandung di dalam Al-Quran.

Teknologi di era sekarang ini sudah semakin pesat perkembangannya. Hal ini juga memudahkan siapa saja termasuk kita sebagai umat muslim untuk belajar dan menuntut ilmu. Mengikuti kajian adalah cara paling tepat untuk belajar tafsir kitab suci. Namun jika waktu sangat terbatas, Anda bisa mengunjungi situs TafsirWeb untuk menemukan tafsir dari Imam Masjidil Haram, Dr. Shalih Humaid, tafsir dari Kementerian Agama RI, Kementerian Agama Saudi Arabia, dan lain sebagainya. Beberapa tafsir yang populer antara lain:

1. Surat Yasin. Membaca tafsir surat ini sangat disarankan. Selain suratnya merupakan salah satu yang paling populer, Surat Yasin sering dibaca paling tidak satu minggu sekali. Tentu saja memahami makna surat akan menjadikan kegiatan membaca semakin khusyuk.

2. Surat Al – Kahfi. Surat Al-Kahfi adalah surat populer lainnya. Sangat disarankan untuk membaca surat ini di hari Jumat karena banyak sekali keistimewaannya. Dalam Bahasa Arab, Al-Kahfi artinya Gua. Makna lengkap dari surat ini dapat dibaca di TafsirWeb.

3. Surat Al – Waqiah. Surat ini juga sering dibaca oleh umat Islam di Indonesia karena sebuah hadits meriwayatkan keistimewaan surat ini. Terlepas dari bagaimana keistimewaan dan keutamaan membaca surat ini, memahami tafsirnya akan membuat Anda membaca dengan lebih mantap.

4. Surat Ar – Rahman. Secara umum surat ini menggambarkan tentang betapa Maha Pengasih Allah SWT kepada umat manusia. Ayat-ayatnya disusun secara puitis sehingga yang membacanya pun ikut merasakan sensasi “nyes” di dada. Sangat disarankan untuk membaca surat ini dan memahami makna tiap ayatnya.

5. Surat Al – Baqarah. Surat ini merupakan surat terpanjang di Al-Quran. Keistimewaannya sangat menarik untuk dipahami. Di surat ini Anda dapat menemukan berbagai pondasi dalam menegakkan aqidah dalam menjalani kehidupan di muka bumi. Maka dari itu, memahami tafsir surat ini secara menyeluruh akan menjadi nilai tersendiri untuk Anda.

6. Surat Al – Mulk. Surat ini disarankan untuk dibaca setiap sebelum tidur malam. Kenapa harus begitu? Temukan makna surat ini secara lengkap dan amalkan di kehidupan sehari-hari.

7. Surat Al – Fatihah. Surat ini setidaknya dibaca 17x dalam sehari. Tentu saja penting bagi umat muslim untuk memahami arti di setiap ayatnya. Seperti yang sudah dikatakan di awal, muslim tidak hanya mengikrarkan di lisan namun juga mengakuinya di dalam hati dan mengamalkannya di kehidupan sehari-hari.

8. Surat Adh – Dhuha. Surat ini disarankan untuk dibaca ketika menjalankan shalat dhuha. Kenapa begitu? Ada doa di dalamnya yang perlu dimengerti sehingga akan menjadi bermanfaat jika Anda mempelajari maknanya juga.

9. Surat An – Naba. Anda pasti sudah familiar dengan nama Juz Amma yang berisi surat-surat di Juz 30. Kata Amma merupakan kata pertama di surat An-Naba. Istimewa bukan? Maka dari itu sangat disarankan untuk membaca tafsir surat An-Naba dan memahami betapa istimewanya surat yang satu ini.

10. Surat Yusuf. Surat Yusuf merupakan serangkaian cerita dengan nilai kehidupan baik yang dapat dipetik. Kisah apa yang ada di dalamnya? Tentu saja Anda bisa menemukan jawabannya setelah mempelajari tafsir dan menyerap makna surat tersebut.

Membaca Al-Quran menjadi suatu kewajiban bagi umat Islam. Memahami tafsir setiap ayat di dalamnya akan membuat Anda menjadi manusia yang memiliki pegangan kuat dalam menjalani hidup di dunia ini.