Download Mutun Thalibil Ilmi

Sekitar satu bulan lalu, kami datang ke Makkah dan Madinah untuk melaksanakan umrah, shalat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, lalu diselingi dengan berziarah ke makam Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Betapa senangnya hati kami bisa berkunjung ke dua masjid yg paling mulia di muka bumi untuk beribadah. Sebuah nikmat yg sangat besar.

Selain beribadah ada hal lain yg sangat menyenangkan selama di Haramain (dua tanah suci), apalagi kalau bukan belajar dan menghadiri majelis para ulama di sana? MasyaAllah, walhamdulillaah. Salah satu hal yg menarik lainnya yang dapat kami temukan di sana adalah pembagian kitab-kitab gratis bagi para pengunjung. Di antaranya kami mendapatkan paket kitab Mutun Thalibil Ilmi, yang dibagikan gratis di Masjid Nabawi.

Hadiah dari Qism Mutun Ilmiyyah Masjid Nabawi
Mutun Thalibil Ilmi
Isyraf Mutun Thalibil Ilmi
Koleksi Mutun Lengkap

Mutun Thalibil Ilmi adalah sekumpulan matan yang dikumpulkan untuk para penuntut ilmu syar’i, yang bermanfaat agar pelajaran yg mereka pelajari dapat tersusun dan terpola dengan bertahap. Dimulai dari yang paling penting (tauhid dan syirik) lalu berangkat ke bagian selanjutnya.

Mutun ini disusun oleh Syaikh Dr. Abdul Muhsin bin Muhammad al-Qasim (Imam dan Khatib di Masjid Nabawi), dan dalam penyusunannya melibatkan verifikasi kepada sekitar 120 naskah kitab yg berbeda untuk menjamin keotentikan text-text pelajaran yg dikumpulkan di dalamnya.

Kajian Dr. Abdul Muhsin bin Muhammad al-Qasim

Hingga saat ini, yang kami tahu, serial Mutun Thalibil Ilmi ini terdiri atas lima mustawa, atau lima level pelajaran, selengkapnya sebagai berikut:

المستوى الأول: (1) نواقض الإسلام  (2) القواعد الأربع   (3) الأصول الثلاثة وأدلتها   (4) الأربعون النووية

المستوى الثاني: (1) تحفة الأطفال    (2) شروط الصلاة وأركانها وواجباتها    (3) كتاب التوحيد

المستوى الثالث: (1) منظومة البيقوني   (2) منظومة أبي إسحاق الإلبيري  (3) المقدمة الآجرومية  (4) العقيدة الواسطية

المستوى الرابع: (1) الورقات   (2) عنوان الحكم   (3) الرحبية    (4) العقيدة الطحاوية

المستوى الخامس: (1) بلوغ المرام    (2) زاد المستقنع

Sebagai tambahan, ada juga kitab untuk mustawa tamhidi, sebelum mustawa awwal. Kadang disebut Mustawa 0. Isinya adalah pelajaran tentang adab, do’a dan dzikir.

Sudah selayaknya mereka yg mengaku sebagai penuntut ilmu syar’i mempergunakan Mutun Thalibil Ilmi sebagai panduan mereka.

Download Mutun Thalibil Ilmi (Mustawa 1-5)

2.42 MB
10.04 MB
15.57 MB
11.07 MB
8.58 MB
28.12 MB
4.92 MB

Allah