Doa Keberkahan Pagi dan Sore Hari

Download Mp3 Surah Saat Pagi Doa Doa Taubat Download Ngaji Sore Hari Dzikir Pagi

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillah kali ini kita bisa bertemu kembali masih di mana sekarang berusaha untuk Sharing berbagai artikel Islami yang bermanfaat ini. Dan diantara yang ingin kami bagikan pada hari ini adalah sebuah doa tentang permohonan keberkahan pada waktu pagi dan sore hari. Ini berbeda dengan dzikir pagi dan sore yang lengkap, yang biasa diamalkan oleh kaum muslimin, tetapi ini hanyalah 1 doa atau 2, yang memohonkan keberkahan untuk kita pada waktu pagi dan pada waktu sore.

Seperti kita ketahui bahwa kita seorang muslim menjalani hidup setiap hari berputar, waktu berjalan bagi kita terus-menerus, dari subuh ke pagi, ke waktu Dhuha, waktu siang, ke waktu sore, lalu lanjut ke malam hari dan nanti akan datang lagi waktu subuh yang sama. Di waktu-waktu tersebut tentunya ada yang berbagai kegiatan harus kita lakukan dan ibadah yang harus kita tunaikan.

Agar hidup kita menjadi lebih berkah waktunya, ada berbagai tuntunan kegiatan Islam untuk masing-masing waktu tersebut, ada berbagai jenis ibadah yang disyariatkan dalam agama kita untuk masing-masing waktu itu. Dan semuanya menghasilkan pahala yang melimpah bagi kita insyaallah. Agar menjadi berkat juga hidup kita, ada banyak doa yang diajarkan yang bisa dibaca pada masing-masing waktu tersebut, dan khusus untuk waktu pagi dan sore ada doa yang khusus untuk meminta keberkahan di 2 waktu tersebut. Ada doanya kira-kira sebagaimana berikut ini.

Doa meminta keberkahan di waktu pagi

Bagi kita yang sempat bertemu dengan waktu pagi maka bersyukurlah karena berarti kita masih hidup dan masih diberi kesempatan untuk bertaubat serta menambah ibadah. Dan lengkapi syukur kita dengan membaca doa memohon keberkahan di pagi hari sebagaimana berikut:

اللَّهُمَ بِكَ أَصْبَحْنَا، وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوتُ وَإِلِيْكَ النُّشُورُ

ALLOOHUMMA BIKA ASHBAHNAA WA BIKA AMSAINAA WA BIKA NAHYAA WA BIKA NAMUUTU WA ILAIKAN NUSYUURU

Ya Allah, dengan-Mu kami memasuki waktu pagi, dan dengan-Mu kami memasuki waktu sore. Dengan-Mu kami hidup dan dengan-Mu kami mati. Dan hanya kepadaMu kebangkitan (semua makhluq) [HR At-Tirmidzi, dishahihkan al-Albani]

Referensi: konsultasisyariah, islamqa

Doa meminta keberkahan di waktu sore

Adapun untuk waktu sore hari kita disunahkan untuk membaca doa yang sama akan tetapi karena waktunya sudah berubah maka kita ganti kalimatnya dari kata-kata pagi menjadi kata-kata sore, contohnya sebagaimana berikut:

اللَّهُمَ بِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ أَصْبَحْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوتُ وَإِلِيْكَ النُّشُورُ

ALLOOHUMMA BIKA AMSAINAA WA BIKA ASHBAHNAA WA BIKA NAHYAA WA BIKA NAMUUTU WA ILAIKAL MASHIIR

Ya Allah, dengan-Mu kami memasuki waktu sore, dan dengan-Mu kami memasuki waktu pagi . Dengan-Mu kami hidup dan dengan-Mu kami mati. Dan hanya kepadaMu kebangkitan (semua makhluq) [HR At-Tirmidzi, dishahihkan al-Albani]

Referensi: konsultasisyariah, alukah

Penjelasan doa memohon keberkahan pagi dan petang

Kedua doa di atas adalah doa yang bisa kita mohonkan saat memohon keberkahan bagi hidup kita di pagi hari dan di sore hari. Dan kedua doa tersebut diatas bisa kita ucapkan dan amalkan setiap hari.

Yang pertama kita awali doa dengan kalimat ya Allah atau Allahumma. Kalimat singkat ini memiliki makna yang padat, jadi kita mohonkan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala saja, karena kita tahu bahwa hanya Allah yang berhak dimintai pertolongan dan hanya Allah yang berhak disembah, diibadahi, dan dicintai sepenuh hati. Dan dengan kalimat Allahumma tersebut kita pastikan bahwa yang kita Mohon adalah Allah, bukan yang lainnya.

Berikutnya kita nyatakan bahwa saat kita menyebutkan doa tersebut di waktu pagi, kita nyatakan bahwa kita masih dapat hidup dan menikmati kehidupan hanya atas berkat dan rahmat Allah Subhanahu Wa Ta’ala Semata. Dan kita Nyatakan dalam doa ini bahwa di waktu pagi tersebut hidup kita pun kita persembahkan hanya untuk Allah Semata, Tidak untuk yang lainnya, tidak karena yang lainnya, hanya karena dia dan hanya untuk dia satu-satunya.

Selanjutnya kita pun mengikrarkan dan menegaskan kepada Allah bahwa kita mengakui jika kita mati pun itu atas izinnya dan jika kita perlu sampai mati pun kita lakukan untuknya, bukan Tuhan yang lain yang membuat kita mati, dan bukan untuk Tuhan yang lain kita berjuang sampai mati, akan tetapi hanya untuk Allah subhanahu wa ta’ala Semata. Dan kita akhiri ujung doa ini dengan pernyataan ketundukan dan kepasrahan bahwa kita pada akhirnya hanya akan kembali kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Dengan berbagai macam Sanjungan dan pujian kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala tersebut di atas, kita harap bahwa hidup kita menjadi berkah di waktu pagi nya saat kita membaca doa tersebut, dan di waktu sore saat kita kembali mengulang bacaan doa tersebut. Wallahu a’lam.

Dzikir Pagi Dan Petang