Kuliah Islam Online Dalam Bahasa Inggris

Antum tidak ada waktu untuk belajar Islam di kampus terdekat? Alhamdulillaah, di zaman ini banyak alternatif yang bisa Antum jadikan pilihan menimba ilmu agama Islam. Ada beberapa universitas yang menawarkan metode belajar jarak jauh (تعلم عن بعد) yang memungkinkan kita untuk bisa mendapat ilmu agama Islam secara tersturuktur dan terukur, tanpa harus terhalangi oleh kondisi jarak dan waktu. Apa saja kampus yang menawarkan opsi tersebut? Berikut di antaranya:

Knowledge International University

Salah satu tempat yang bisa menjadi pertimbangan adalah Knowledge International University (جامعة المعرفة العالمية), yang berbasis di kota Riyadh, Saudi Arabia.

Untuk sementara ini, KIU belum terakreditasi dan hanya menawarkan program BA (Bachelor) dalam jurusan Islamic Studies.

Di antara para penasehat dan pengajar KIU adalah:

Syaikh Abdul Aziz Alu Syaikh, mufti Saudi Arabia, kedua Lajnah Daaimah Lil Ifta (Komite Fatwa) Saudi Arabia

Syaikh Prof. Dr. Abdurrahman as-Sudais, professor bidang fiqih Univ Ummul Qura – Makkah, Imam Masjidil Haram

Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, professor bidang fiqih di Universitas al-Imam Muhammad bin Su’ud – Riyadh, anggota Lajnah Daaimah Lil Ifta (Komite Fatwa) Saudi Arabia

Syaikh Prof. Dr. Sa’ad bin Naashir Asy-Syatsri, professor bidang fiqih di Universitas al-Imam Muhammad bin Su’ud – Riyadh, mantan anggota Hai’ah Kibaril Ulama (Dewan Ulama Senior) Saudi Arabia, mantan anggota Lajnah Daaimah Lil Ifta (Komite Fatwa) Saudi Arabia

Syaikh Dr. Bilal Philips, salah seorang da’i salafi yang terkenal di dunia Barat. Beliau menamatkan studi S1 di Universitas Islam Madinah, S2 di Universitas Maliki Su’ud – Riyadh, dan S3 di University of Wales – Inggris.

Syaikh Dr. Mamduh Muhammad, pemegang gelar doktoral dalam bidang bahasa Arab, salah satu dosen di Imam Muhammad Islamic University di kota Riyadh, Saudi Arabia. Beliau berpengalaman dalam mengajar mahasiswa melalui bahasa pengantar Inggris dan Indonesia.

Syaikh Dr. Sami as-Suwailim, pemegang gelar doktoral dalam bidang ekonomi dari Washington University, St. Louis, Missouri – USA, mantan R & D Manager di Bank Islami al-Rajhi, deputy director pada Islamic Research and Training Institute

Syaikh Assim L Hakeem, da’i terkenal yang juga merupakan seorang Imam di Jeddah, alumnus jurusan Studi Islam dari Universitas Ummul Qura – Makkah (1998) setelah sebelumnya mendapatkan gelar BA dalam bidang bahasa di Universitas Malik Abdul Aziz – Jeddah (1987)

Syaikh Ahmad Abdul Wahhab, beliau menamatkan kuliah S1 dalam bidang Hukum Islam dan S2 dalam bidang Fiqih di Universitas Islam Madinah, lalu mengambil S3 dalam jurusan fiqih di Universitas yang sama. Beliau adalah hafidz al-Qur’an dan mendapat ijazah (sanad) qur’an dari Syaikh Ibrahim Al-Akhdar, seorang Syaikhul Qurra di Masjid Nabawi

Dan masih banyak lainnya.

Anda tertarik untuk belajar? Silakan kunjungi websitenya, http://kiu.org/

Islamic Online University

Salah satu tempat yang cukup terkenal untuk belajar Islam online secara terstruktur adalah di website Islamic Online University, atau biasa disingkat IOU. IOU menawarkan berbagai program yang menarik, seperti Free Diploma in Islamic Studies, juga ada program BA (Bachelor) dalam ilmu studi Islam dan bahasa Arab. Ada juga program tahfidz dan perbankan Islam yang menarik untuk diikuti.

Di antara para penasehat dan pengajar IOU ini antara lain:

Syaikh Dr. Bilal Philips, salah seorang da’i salafi yang terkenal di dunia Barat. Beliau menamatkan studi S1 di Universitas Islam Madinah, S2 di Universitas Maliki Su’ud – Riyadh, dan S3 di University of Wales – Inggris.

Syaikh Dr. Muhammad Anwar Sahib, ulama yang mendapat S1 di Universitas Islam Madinah jurusan Aqidah, lalu meneruskan S2 dan S3 dari Universitas Islam Madinah juga dengan mengambil jurusan al-Qur’an.

Syaikh Dr. Mohammad Monzur-E-Elahi, alumnus program doktoral bisang Ushul Fiqih dari Universitas Islam Madinah, beliau juga merupakan asisten professor pada Department of Islamic Studies di National University of Bangladesh, Gazipur

Dan masih banyak lainnya.

Anda tertarik untuk belajar? Silakan kunjungi websitenya, http://www.islamiconlineuniversity.com/

AREES University

Arees adalah salah satu training center Islam online yang memiliki basecamp di bebetapa kota berbeda, yaitu Houston (US), Istanbul (Turkey) dan Kuala Lumpur (Malaysia). Adapun program yang ditawarkan adalah dalam bidang Studi Islam, Ekonomi Islam dan Bahasa Arab.

Belajar di Arees University akan mendapatkan gelar diploma atau bachelor of science, tergantung jurusan yang dipilih. Gelar dari Arees University sudah diakui oleh Texas Higher Board of Education, Amerika Serikat (recognized by Texas Higher Board of Education, USA).

Di antara para penasehat dan pengajar Arees University antara lain:

Syaikh Dr. Isaam Rajab, seorang alumnus jurusan studi Islam dari Universitas Islam Madinah, dan juga pemegang gelar Master dan Doktoral dalam studi Islam dari California University

Syaikh Syu’aib Mohd Wani, pemilik ijazah sarjana dalam bidang hukum Islam dari Islamic International University of Malaysia (IIUM), special studies dari Universitas al-Azhar – Mesir, dan saat ini sedang menempuh S-3 (doktoral) bidang fiqih dari IIUM. Beliau adalah pemegang sanad Kutubus Sittah (6 kitab hadits utama) juga Musnad Syafi’i dan Muwaththa Malik.

Syaikh Tariq Appleby, pemilik diploma dalam bidang bahasa Arab, sarjana dalam bidang ilmu hadits dari Universitas Islam Madinah

Tertarik mendaftar? Silakan datang ke https://www.arees.org/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *