Bacaan Doa Sebelum Tidur dan Setelah Bangun Tidur: Arab, Latin, Terjemah

Download Doa Bangun Tidur Doa Mau Tidur Arab Donlot Doa Sebelum Tidur Bahasa Indonesi Download Doa Dzikir Setelah Bangun Tidur Download Doa Tdur

Tidur adalah sebuah hal alami yang dilakukan oleh kita setiap hari. Normalnya manusia dewasa membutuhkan tidur sehat selama 8 jam setiap harinya, walaupun hal itu bervariasi juga jumlahnya antara satu orang dengan orang yang lainnya. Waktu tidur untuk bayi dan anak kecil biasanya cenderung lebih lama dari orang dewasa.

Sebagai seorang muslim, kita sadar sepenuhnya bahwa kita akan mati suatu saat. Dan, tidur adalah salah satu bentuk mati kecil atau mati sementara, di mana selama tidur kita tidak sadar dan tidak berdaya apa-apa. Bedanya, saat mati kecil ini kita masih bernafas dan masih bisa bangun kembali, adapun saat mati sebenarnya nanti kita tidak akan dapat bangun kembali sebelum kiamat tiba, untuk mempertanggungjawabkan amal-amal kita.

Mengingat tidur adalah kegiatan yang rutin kita lakukan, Islam mengajarkan do’a-do’a yang bermanfaat kepada kita untuk dibaca dan diamalkan setiap hari sebelum bangun tidur dan setelahnya. Ada banyak do’a dan dzikir yang bisa dibaca sebelum tidur, detailnya ada pada artikel Dzikir Sebelum tidur

Adapun yang paling ringkas, sebelum tidur kita bisa membaca do’a:

بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوْتُ وَأَحْيَا

BISMIKALLAHUMMA AMUUTU WA AHYA

Dengan namaMu, ya Allah! Aku mati dan hidup

Sumber: rumaysho, HR. Bukhari no. 6312 dan Muslim no. 2711

Adapun setelah bangun tidur, kita disunnahkan juga untuk membaca do’a yang berisikan rasa syukur kita pada Allah karena masih bisa menjalani kehidupan yang sebentar ini di dunia, do’anya adalah sebagai berikut:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

ALHAMDULILLAAHILLADZII AHYAANAA BA’DA MAA AMAATANAA WA ILAIHIN-NUSYUUR

Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan]

Sumber: rumaysho, HR. Bukhari no. 6325

Penjelasan Do’a

Sebelum tidur kita berdo’a mengucapkan kalimat yang berisikan tanda tawakkal kita kepada Allah Ta’ala, Ya Allah dengan nama-Mu aku mati dan dengan nama-Mu aku hidup. Do’a ini berisikan penyerahan diri kita kepada Allah dan juga pernyataan tekad kita bahwa hidup mati kita hanya untuknya. Adapun setelah bangun, kita memujinya karena nikmat udara yang masih bisa kita hirup, nyawa yang masih melekat di badan, dan nikmat iman-Islam yang masih ada di dalam diri kita.

Download Doa Tidur Download Doa Tidur Anak Download Mp3 Doa Sebelum Tidur