Panduan Belajar Al Quran dengan Cepat Untuk Pemula

Belajar Membaca Alquran Untuk Pemula Belajar Alquran Pemula Cara Belajar Membaca Alquran Bagi Pemula Cara Membaca Alquran Bagi Pemula Download Alquran Untuk Pemula

Belajar Al Quran Untuk Pemula

Belajar Al Quran dengan cepat bukan hal mustahil. Salah satu kuncinya memiliki niat yang kuat agar cepat belajar Al Quran. Selain itu, perlu pula disertai dengan tekun berlatih. Bagi yang belum fasih membaca huruf Al Quran rasanya huruf-huruf tersebut sulit diucapkan apalagi dihafalkan. Sebenarnya tidak beda jauh saat kali pertama seseorang belum bisa membaca huruf latin. Melihat huruf latin yang begitu mudah pastinya akan terasa sulit dan bingung karena tidak mengerti artinya. Akan tetapi, setelah mengetahui huruf latin dengan sendirinya bisa membacanya meski hanya melihat sekilat atau malah ditulis singkat.

Demikian pula dengan membaca huruf Al Quran. Oleh karena itu, berikut diberikan beberapa panduan belajar Al Quran untuk pemula agar bisa menguasai dengan cepat, diantaranya:

1. Mengenali dan Menghafal Huruf Al Quran

Huruf Al Quran yakni huruf hijaiyyah yang merupakan huruf Arab. Terdapat 29 huruf hijaiyyah yang perlu diketahui dan wajib dihafal bila ingin bisa membaca Al Quran. Cara menghafalnya tentu tidak terlalu sulit lantaran beberapa diketahui ada yang pengucapannya mirip seperti huruf latin. Namun, ada pula yang berbeda seperti misalnya huruf dzal, kha, tsa, dan lainnya.

Kenali bentuk setiap huruf hijaiyyah dan cari tahu cara membacanya agar bisa belajar Al Quran dengan cepat. Lebih lanjutnya kenali pula apakah huruf hijaiyyah tersebut dapat disambung dengan huruf yang lain atau tidak. Dalam hal ini pengucapan huruf hijaiyyah sebaiknya juga sesuai makhrajnya.

2. Mempelajari Tanda Baca

Tanda baca yang berlaku disebut harakat. Sebelumnya tidak dikenal harakat dimana semua huruf hijaiyyah hadir tanpa tanda baca. Al Quran pada awalnya memang ditulis tanpa tanda baca yang kerap disebut kitab gundul. Namun, memahami bahwa Al Quran adalah milik semua umat muslim di seluruh penjuru dunia ditakutkan ada kebingungan dalam membacanya. Sehingga dibuatlah tanda baca yang berlaku sampai sekarang.

3. Belajar Tajwid

Panduan belajar Al Quran dengan cepat berikutnya belajar tajwid. Tajwid sendiri merupakan ilmu membaca Al Quran secara baik dan benar. Bila dianalogikan seperti halnya grammar pada bahasa Inggris. Tajwid yang berlaku cukup beragam. Misalnya saja idgham, idzhar, dan lainnya.

4. Tekun Berlatih dengan Guru

Tekun berlatih menjadi kunci terakhir. Apa artinya belajar mengenali huruf hijaiyyah dan cara membacanya bila tidak disertai dengan latihan rutin. Karenanya jangan malas untuk berlatih agar cepat lancar membaca Al Quran. Dalam hal ini sebaiknya berlatih dengan didampingi oleh guru. Guru yang dimaksud bisa orang tua, ustad, ustadzah, atau seseorang yang sudah fasih membaca Al Quran. Hal ini penting agar bila terjadi kesalahan saat belajar Al Quran dengan cepat bisa langsung dibenarkan dan tidak menjadi kesalahan berulang.


Cara Ngajar Baca Quran Dari Pemula Cara Pemula Belajar Yanbua Al Quran Download Cara Membaca Alquran Pemula Membaca Alquran Bagi Pemula

1 Response

  1. Gina Nurul Wahidah says:

    Situs yang sangat bagus
    Semoga berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *