Buku Al Quran, Kitab Pedoman bagi Umat Muslim

Buku Al Quran Gambar Al Quran Al.quran Kitap Belajar Alquran Buku Alquan

Al Quran merupakan kitab suci bagi umat Islam yang diwahyukan kepada Rasulullah Nabi Muhammad SAW dengan melalui perantara Malaikat Jibril. Umat Islam Dunia percaya, Al Quran adalah penutup wahyu Allah yang diturunkan untuk seluruh umat manusia di dunia.

Secara Etimmologi, ditinjau dari segi bahasa, Al Quran asalnya dari bahasa Arab, yang artinya bacaan. Kata Al Quran sendiri adalah kata benda dari kata qara’a yang mempunyai arti membaca. Buku Al Quran adalah terdiri dari 114 surat, 30 juz, dan 6236 ayat, menurut riwayat Hafsh.  Buku Al Quran sendiri dibagi menjadi 30 bagian, yang disebut juz. Pembagian menjadi 30 juz tersebut mempermudahkan mereka yang ingin menyelesaikan membaca al Quran dalam waktu 30 hari. Terdapat pula pembagian lain, pembagian tersebut membagi Al Quran ke dalam 7 bagian. Pembagian tersebut disebut Manzil.

buku-al-quran

Setiap Surat di dalam Buku Al Quran terdiri dari sejumlah ayat. Mulai dari surat dengan ayat-ayat pendek, seperti Al Asr, Al Kautsar, dan An Nasr, yakni surat dengan 3 ayat sampai surat yang terdiri dari 286 ayat yaitu surat Al Baqarah. Surat-surat di dalam Al Quran terbagi ke dalam sub- bagian pembahasan atau disebut dengan Ruku’.

Lafadz bismillahirrahmanirrahim, adalah lafadz pembuka dari setiap surat di dalam Buku Al Quran, kecuali surat At taubah. Meskipun begitu, ada lafadz bismillahirrahmanirrahim sejumlah 114 yang setara dengan surat yang ada di dalam Al Quran, yaitu 114. Itu disebabkan karena lafadz bismillahirrahmanirrahim ini diucapkan sebanyak 2 kali di dalam surat An naml yaitu pada pembuka surat, dan juga terdapat di dalam ayat ke-30 yang berhubungan dengan surat dari Raja Sulaiman pada ratu Saba.

Berdasarkan dari tempat diturunkannya Buku Al Quran, Surat-Surat pada Al Quran terbagi menjadi 2, yaitu golongan surat Makkiyah dan juga surat Madaniyah. Surat-surat Makkiyah yaitu surat-surat yang diturunkan di Kota Makkah, sedangkan surat Madaniyah, yaitu surat-surat di dalam Al Quran yang diturunkan di kota Madinah.

1632440AlQuran780x390

Surat-surat yang diturunkan di Kota  Makkah, biasanya adalah surat-surat dengan ayat sedikit. Surat-surat Makkiyah pada umumnya berisi prinsip keimanan dan juga akhlaq. Sebaliknya, surat-surat Madaniyah pada umumnya yaitu merupakan surat-surat dengan jumlah ayat banyak. Di dalam surat tersebut biasanya menyiratkan hubungan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia (Syariah) dan yang lainnya.

Buku Al Quran tidaklah diturunkan secara sekaligus, melainkan secara berangsur-angsur, agar meneguhkan diri Rasul. Berdasarkan sebagian Ulama, Al Quran diturunkan berangsur-angsur dalam waktu 22 tahun, 2 bulan dan juga 22  hari. Para ulama membagi waktu turunnya Al Quran ini ke dalam 2 periode, yaitu Periode Mekkah dan juga Periode Madinah.

Buku Tengang Alqura Gambar Al Qur An Surat Al-quran Bentu Buku